PENGARUH KEDISIPLINAN, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMAN 1 SUNGGUMINASA
Sari
Abstract
This research aims: 1) To analyze the effect of discipline on student achievement at SMA Negeri 1 Sungguminasa. 2) To analyze the impact of school leadership on student achievement at SMA Negeri 1 Sungguminasa. 3) To analyze the influence of the school environment on student achievement at SMA Negeri 1 Sungguminasa. 4) To analyze the effect of teaching methods on student achievement at SMA Negeri 1 Sungguminasa. 5) To analyze the influence of discipline, school leadership, environment and learning methods simultaneously on student achievement at SMA Negeri 1 Sungguminas. The research location is at State Senior High School (SMA) 1 Sungguminasa. The population in this study is the overall teacher status of Civil Servants SMA Negeri 1 Sungguminasa total of 37 people. Sampling by using census population taken as a whole.For testing the hypothesis with multiple regression analysis. The results showed that: 1) Discipline teacher positive and significant impact on student achievement SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa Makassar. 2) Leadership principals positive and significant impact on student achievement SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa Makassar. 3) The school environment is positive and significant impact on student achievement SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa Makassar. 4) Method of learning positive and significant impact on student achievement SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa Makassar. 5) Discipline, Leadership Principal, Environmental, and learning methods simultaneously positive and significant impact on student achievement in high school (SMA) Negeri 1 Sungguminasa Gowa.
Keywords: Discipline, Leadership Principal, Environmental, and methods oflearning, Student Achievement
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Purwatiningsih, Titi., dan Harnoto. 2015. Analisis Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Lingkungan SekolahTerhadap Prestasi Belajar Peserta DidikDengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Boja). Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, Vol. 22 No. 38.
Kusuma, Agung Adi.2013. Pengaruh Pemberian Tugas, Metode Pembelajaran Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Sapuran Wonosobo.OIKONOMIA: Vol. 2 No. 3.
Barnawi dan Muhammad Arifin. 2012. Etika & Profesi Kependidikan,. Yogyakarta: Ar-Ruz Media n STIE YPKN.
Simamora, Henry. 2000.Manajemen Sumber DayaManusia. Yogyakarta: BagianPenerbita Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Purwatiningsih, Titi., dan Harnoto. 2015. Analisis Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Lingkungan SekolahTerhadap Prestasi Belajar Peserta DidikDengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Boja). Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, Vol. 22 No. 38.
Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno, Edy.2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syafaruddin. 2002.Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan,Jakarta:
Grasindo.
Thoha, Miftah. 2006. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya.
Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2005.Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik dan
Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya
Yana, Enceng., dan Rizka Putri Jayanti. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan SikapPeserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikPada Mata Pelajaran Ekonomi(Survei Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Cirebon). Jurnal Edunomic, Volume 2, No. 2.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Nuchiyah, Nunu. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan KinerjaMengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal, Pendidikan Dasar Volume : V - Nomor : 7 – April.
Kusuma, Agung Adi.2013. Pengaruh Pemberian Tugas, Metode Pembelajaran Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Sapuran Wonosobo.OIKONOMIA: Vol. 2 No. 3.
Stevani. 2015. Analisis Disiplin Kerja Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 8 Padang. ECONOMICA.Journal of Economic and Economic Education. Vol. 4 No. 1 (102-108).
Umar, Husein, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta PT. Gramedia Pustaka.
Singgih, Santoso. 2003. Statistik Deskriptif: Konsep, Aplikasi dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Penerbit: Andi.
Aisyah, Nyimas, 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Susilo, 2004. Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampak Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Bappeda Kab.Pati” ,Tesis , MM-Undip, Semarang.
Mulyasa, E. 2005.Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan
Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Yana, Enceng., dan Rizka Putri Jayanti. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan SikapPeserta Didik Terhadap Hasil Belajar
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v1i1.11
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.