Evaluasi Pelaksanaan Bentuk Kegiatan Pembelajaran Magang pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar

Nasrullah Nasrullah, Andi Risfan Rizaldi, Siti Nurbaya, Sri Andayaningsih, Nurinaya Nurinaya, Mira Mira

Sari


Salah satu bentuk kegiatan implementasi MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa di luar kampus yaitu program Magang. Meski demikian, pelaksanaan bentuk kegiatan implementasi MBKM-Magang belum maksimal dan masih terdapat kekurangan. Untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan dan kelemahan pelaksanaan program Pertukaran Pelajar pada tataran sejumlah program studi maka perlu dilaksanakan evaluasi program. Tujuan umum penelitian ini adalah merancang bentuk evaluasi program untuk mengukur tingkat keberhasilan dan kelemahan implementasi program Magang pada Program Studi Manajemen di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Adapun tujuan khususnya diuraikan dalam proposal ini. Model evaluasi program Magang MBKM ini menggunakan model 1. Evaluating Reaction. 2) Partisipants’ learning; 3) Evaluating Behavior; 4) Evaluating Result. Besaran anggaran yang dibutuhkan program penelitian ini sebesar Rp. 95.750.000,00 yang diusulkan ke LP3M Unismuh Makassar bekerja sama dengan Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Target luaran program ini berupa: Hasil evaluasi mengenai ketercapaian pemenuhan dokumen pengembangan kurikulum yang mendukung implementasi praktik magang, Persepsi peserta magang mengenai kepuasan terhadap pelaksanaan program magang, Hasil evaluasi mengenai tingkat ketercapaian pembelajaran peserta magang, Hasil evaluasi mengenai perilaku peserta magang,
Hasil penilaian mengenai hasil pelaksanaan program magang, dan Hasil evaluasi mengenai tingkat kepentingan dan kinerja pelaksanaan program magang.
Keywords:
Bentuk kegiatan Pembelajaran Magang

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. (2006). Evaluating Training Programs, The Four Levels (third edit). Berret-Koehler.

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77–79. https://doi.org/10.1177/002224297704100112

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020

Purwanto, & Suparman, A. (1999). Evaluasi Program Diklat. STIA LAN Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v6i2.1323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics