Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada UMKM Gabba Kitchen di Kabupaten Barru)

Risda Wilda, Amril Arifin, Asriani Hasan

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah pada UMKM Gabba Kitchen di Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data yang diolah merupakan hasil wawancara dengan pemilik UMKM Gabba Kitchen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi, dan Studi Dokumen yangiidimana penulisiimelihat langsung keadaan ditempat penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan penulis adalah Gabba Kitchen tidak membuat pencatatan laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM dan pencatatan yang dilakukan Gabba Kitchen masihiisederhana berdasarkan denganipemahamanipemilik usaha. Penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada Gabba Kitchen berdampak positif terhadap pemilik mengetahuiiibahwa terdapatiistandar yang digunakan dalamiimelakukan pencatatan atau penyusunan laporan keuangan untukiusahanya.

Kata Kunci: Laporan Keuangan, SAK EMKM, UMKM

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Ikatan Akuntansi Indonesia.

Hetika et al. (2018). Penerapan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Sak Emkm) Dalam Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Bisnis Terapan, 2(01), 81–104. https://doi.org/10.24123/jbt.v2i01.1089

Isnawan, G. (2012). Akuntansi Praktis untuk UMKM. Jakarta: Laskar Aksara.

Kania et al. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK Emkm Berbantuan Microsoft Excel Pada UMKM Uncal. Co. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(2), 338–352. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/ialj/article/view/2520

Keuangan, D. S. A. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Ningtiyas et al. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11–17.

Nuvitasari, A., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341–347.

Pinnarwan, D. (2016). Kata Pengantar Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia dalam Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Ikatan Akuntansi Indonesia.

Republik Indonesia. (2008). UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pemerintah Pusat.

Rohendi et al. (2019). Analisis Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM). Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 19- 20 November 2019 Purwokerto, 5(November), 86–98.

Sundari et al. (2020). Analisis Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan Sak Emkm Pada Kios Gapoktan Margo Makmur Di Jatiagung Lampung Selatan. Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 139–152.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2076

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics