Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Bulukumba

H. Syamsibar

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 81.657 orang dan jumlah sampel sebanyak 100 orang ditentukan menggunakan persamaan Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pelayanan di pegawai terhadap masyarakat sebesar 66,64%. Dimana variabel pelayanan dan kepuasan layanan terhadap masyarakat memiliki tingkat dominan dalam pengukuran kinerja dan cukup signifikan pengaruhnya.

Kata kunci: Pelayanan; Tingkat Kepuasan; Masyarakat

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amri, N. F., Laming, R. F., & Thanwain, T. (2022). Sistem Pengendalian Intern (SPI) Menjadi Dalang Problematika Akuntansi. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 677-684.

Awaluddin, A., Chahyono, C., & Mane, A. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PEMBERIAN TAMBAHAN PENGHASILAN PEGAWAI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA ASN MELALUI KEPUASAN KERJA PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (BPKD) KABUPATEN LUWU TIMUR. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(2), 110-121.

Azahraty, A., & Periyadi, P. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN MURUNG RAYA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.35972/jieb.v4i2.215

Devi, R., Usman, J., & Malik, I. (2018). Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 4(3), 338-351. https://doi.org/10.26618/kjap.v4i3.1649

Frinaldi, A. (2014). Pengaruh budaya kerja pegawai negeri sipil terhadap pelayanan publik di dinas catatan sipil dan kependudukan Kota Payakumbuh. Humanus, 13(2), 180-192. https://doi.org/10.24036/jh.v13i2.4727

Garin, M. I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1875-1882. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1036

Hasniati, H., Indriasari, D. P., & Sirajuddin, A. (2022). Marketing Mix Analysis on Increasing Sales Volume at Perumnas Branch I Tamalanrea in Makassar. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 10-21. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.357

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59.

Karim, A. (2019, March). The Effect of" Axis Hits Bonus" Version Tagline Advertising and Ambassador Brand against Axis Cards Awareness. In First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018) (pp. 63-66). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.13

Karim, A. (2020). Endemic rice Pulu'Mandoti supports the economy and food security at Salukanan community during Covid-19 global pandemic crisis. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(9), 793-796. DOI: 10.38124/IJISRT20SEP485

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341

Maddatuang, B., Syukur, A., Indar, S. H., & Karim, A. (2021). The rural economic growth in south Sulawesi drives the national Sustainable Development Goals. International Journal of Management (IJM), 12(3), 2021.

Maddatuang, B., Syukur, A., Indar, S. H., & Karim, A. (2021). The rural economic growth in south Sulawesi drives the national Sustainable Development Goals. International Journal of Management (IJM), 12(3), 2021. DOI: 10.34218/IJM.12.3.2021.002

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2005). Metode Penelitian. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Puspitasari, S., Mane, A., & Syamsuddin, I. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS BOSOWA). Economics Bosowa, 7(003), 216-227.

Rahman, F. A. (2021). The Effectiveness for Regional Budget of Revenue and Expenditure as a Control Tools in Enrekang Regency Governments. Saudi J Econ Fin, 5(4), 173-179. DOI: 10.36348/sjef.2021.v05i04.006

Rolos, L., Sumual, M., & Langie, J. H. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA LUMBO. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(9).

Sari, J. P., Noor, M., & Djumlani, A. (2019). Pengaruh Semangat Kerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Ejournal Pemerintah Integr, 7(1).

Siregar, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sultan, M. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Makassar. YUME: Journal of Management, 4(3).

Sultan, M. (2022). Kolaborasi Stakeholder’s Dalam Penyelenggaraan Corporate University Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 3(2), 81-94.

Suryani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46434

Syamsibar, H. (2022). Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kemampuan dan Komitmen Pegawai pada Kantor Bupati Takalar. YUME: Journal of Management, 5(2), 346-352.

Syamsibar, H. (2022). Pengaruh Disiplin, Kepuasan dan Hubungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Mirai Management, 7(1), 286-297. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1978

Syamsibar, H. (2022). Pengaruh Kualitas Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang. YUME: Journal of Management, 5(2), 128-139.

Syamsibar, S. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja, Usia Kerja, Dan Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan. YUME: Journal of Management, 5(1), 18-26.

Thanwain, T., & Amri, N. F. (2022). Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap pada Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang. Jurnal Mirai Management, 7(2), 195-205.

Wardani, S. S., & Sari, R. P. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa. JURNAL GAMMA-PI, 3(2), 6-11. https://doi.org/10.33059/jgp.v3i2.3696

Widibudiarti, L. S., & Hartono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Ktp Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik, 15(9), 1122-1132.

Yamin, Y., Saleh, K., & Rolista, R. (2020). Pengaruh Layanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 4(4), 37-44. DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i4.1064




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics