Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk PT. Semen Tonasa Di Kabupaten Wajo
Sari
Hasil penelitian menunjukkan data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 1,985 + 0,299 X1 - 0,037X2 + 0,142X3+0,202X4
Dimana variabel minat beli (Y), kualitas produk (X1), citra merek (X2), harga produk (X3) dan promosi (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan variabel citra merek dan harga tidak berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci: kualitas produk, citra merek, harga, dan promosi
ABSTRACT
This study aims to analyze how much product quality, brand image, price, and promotion affect consumer buying interest in tonas cement products in Wajo Regency. The sampling method used is the Accidental Sampling Method. The sample in this study were 74 consumers of Tonasa cement products in Wajo Regency and then analyzed the data obtained using quantitative data analysis. The results showed that the data had met the validity test, reliability test and classical assumption test so as to produce the following regression equation:
Y = 1.985 + 0.299 X1 - 0.037X2 + 0.142X3+0.202X4
Where the variables are buying interest (Y), product quality (X1), brand image (X2), product price (X3) and promotion (X4). Hypothesis testing using t test shows that product quality and promotion variables have a positive and significant effect on consumer buying interest, while brand image and price variables have no significant effect.
Keywords: product quality, brand image, price, and promotion
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Kotler & Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga : Jakarta.
Kinnear, Thomas C, Dan Taylor, James R., (1995). Riset Pemasaran, Edisi Tiga, Jakarta: Erlangga.
Swastha, Basu. 2000. Azas-azas Marketing. Liberty : Yogyakarta
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta.
Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Rajagrafindo Persada : Jakarta
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat Belas. Alfabeta, Bandung
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v6i1.2356
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.