Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk PT. Semen Tonasa Di Kabupaten Wajo

Agus Purwanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar kualitas produk, citra merek, harga, dan promosi terhadap minat beli konsumen produk semen tonas di Kabupaten Wajo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang konsumen produk semen tonasa di Kabupaten Wajo dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif .
Hasil penelitian menunjukkan data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 1,985 + 0,299 X1 - 0,037X2 + 0,142X3+0,202X4
Dimana variabel minat beli (Y), kualitas produk (X1), citra merek (X2), harga produk (X3) dan promosi (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan variabel citra merek dan harga tidak berpengaruh secara signifikan.

Kata kunci: kualitas produk, citra merek, harga, dan promosi

ABSTRACT
This study aims to analyze how much product quality, brand image, price, and promotion affect consumer buying interest in tonas cement products in Wajo Regency. The sampling method used is the Accidental Sampling Method. The sample in this study were 74 consumers of Tonasa cement products in Wajo Regency and then analyzed the data obtained using quantitative data analysis. The results showed that the data had met the validity test, reliability test and classical assumption test so as to produce the following regression equation:
Y = 1.985 + 0.299 X1 - 0.037X2 + 0.142X3+0.202X4
Where the variables are buying interest (Y), product quality (X1), brand image (X2), product price (X3) and promotion (X4). Hypothesis testing using t test shows that product quality and promotion variables have a positive and significant effect on consumer buying interest, while brand image and price variables have no significant effect.

Keywords: product quality, brand image, price, and promotion

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Kotler & Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga : Jakarta.

Kinnear, Thomas C, Dan Taylor, James R., (1995). Riset Pemasaran, Edisi Tiga, Jakarta: Erlangga.

Swastha, Basu. 2000. Azas-azas Marketing. Liberty : Yogyakarta

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta.

Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Rajagrafindo Persada : Jakarta

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat Belas. Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v6i1.2356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics