Sistem Kegiatan Pemasaran Dalam Perspektif Etika Ekonomi Islam
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara teoritis bagaimana sistem kegiatan pemasaran dalam perspektif etika ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode library research atau studi kepustakaan. Akhir dari penelitian ini, etika sangat mempengaruhi aktivitas seorang pebisnis. Dengan adanya etika yang baik maka, konsumen atau pihak dalam lingkungan tersebut akan lebih segan dan lebih merasa aman dalam lingkup pebisnis tersebut. Sebaliknya etika yang buruk justru membuat kesan para konsumen menjadi buruk meski produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang sangat baik. Dalam Islam, Etika dalam berdagang banyak dijelaskan dalam Kalam Allah SWT. Tentu juga baginda Nabi Muhammad SAW menjadi tauladan etika bagi para pengusaha Muslim dalam menawarkan produknya. Pemasaran dengan etika justru menambah nilai dari produk yang ditawarkan tersebut, akan senantiasa di ingat oleh konsumen.
Kata Kunci : Etika, Pemasaran, Etika dalam Islam
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Adiwarman A. Karim, Ekonomi Islam : Suatu Kajian Ekonomi Mikro, Jakarta: Karim Business, 2001.
Basu Swasha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty, 2005.
Djakfar, M. Etika Bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit Dan Pesan Moral Ajaran Bumi, Jakarta, Indonesia: Penebar PLUS+, 2012.
Harahap, S. S. Etika Bisnis dalam Perpektif Islam, Jakarta, Indonesia: Salemba Empat, 2010.
Shihab, M. Q. Bisnis Sukses Dunia Akhirat, Ciputat, Indonesia: Lentera Hati, 2011.
Haris, Abd. Pengantar Etika Islam, Sidoarjo: Al-Afkar, 2007.
Idri, Hadis Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi, Jakarta: Prenada Media Group, 2015
Kadir, A. Hukum Bisnis Syari’ah dalam al-Qur’an, Jakarta: Amzah, 2010.
Kertajaya dan Sula, Syariah Marketing, Jakarta: Graha Persada.
Muhammad Satar dan Amiruddin Kadir, Elaborasi Ekonomi Islam dalam Kerangka Filsafat, Vol. 7. No. 2 JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2022
Muhammad Satar, Abdullah, and Musafir Pababari. 2022. “Kebebasan Manusia Dalam Berkehendak Perspektif Musthafa Al-Ghulayaini”. Farabi (e-Journal) 19 (1):68-89. https://doi.org/10.30603/jf.v19i1.2723.
Murti Sumarni dan John Soeprihanto, Pengantar Bisnis Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan, Yogyakarta: Liberty, 2010.
Philip Kotler dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran dan Prinsip- prinsip Pemasaran,
Jakarta : Prehalindo and Prentice Hall,1996.
Sadono Sukirno, et. all, Pengantar Bisnis, Jakarta : Prenada Media, 2004.
Sutanto, Herrry dan Khaerul Umam. “Manajemen Pemasaran Bannk Syariah” (Bandung: CV PUSTAKA SETIA,2010)
William J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2001. Zubair, Charis, Achmad. Kuliah Etika, Jakarta: Rajawali Pers, 1995.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2366
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.