Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Guru

Israwanti Patarai, Mustari Mustari, Mansur Azis

Sari


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi mengajar, kompetensi professional, dan tingkat pendidikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 4 Soppeng dengan sampel sebanyak 77 orang guru. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan Model regresi linear berganda. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang diuji dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng. Kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng. Tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng. Motivasi mengajar, kompetensi professional, dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Soppeng.

Kata Kunci : Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional, Tingkat Pendidikan , Kinerja Guru.

 

ABSTRACT

 

This study aims to analyze the influence of teaching motivation, professional competence, and level of education on teacher performance in SMK Negeri 4 Soppeng. This research was conducted at SMK Negeri 4 Soppeng with sample of 77 teachers. Data analysis tool used in this research is research with multiple linear regression model. The instruments used are questionnaires tested with validity and reliability testing. The results of this study indicate that the motivation to teach a positive and significant impact on teacher performance in SMK Negeri 4 Soppeng. Professional competence has a positive and significant effect on teacher performance in SMK Negeri 4 Soppeng. The level of education has a positive and significant effect on teacher performance in SMK Negeri 4 Soppeng. Teaching motivation, professional competence, and level of education have positive and significant influence simultaneously on teacher performance in SMK Negeri 4 Soppeng.

Keywords:  Teaching Motivation, Professional Competence, Education Level, Teacher
                        Performance.

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Asmalah, Lia. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi kasus SD di Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor). Jurnal Jenius Vol. 1, No. 1, September 2017.

Ghalib, N., & Gunawan, B. I. (2016). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU MADRASAH DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN G. Jurnal Mirai Management, 1(1), 42-49.

Hasan, Rohmat. 2015. Pengaruh Masa Kerja Dan Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 9 No 2 (2015) 1219-1230.

Jumriatunnisah, N., & Tamsah, H. (2016). PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KOMPENSASI DAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA GURU HONORER PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA. Jurnal Mirai Management, 1(1), 25-41.

Latif, Zulkefi MA., Ridwan., dan C. Totanan. 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Palu. e Jurnal Katalogis, Volume 5 Nomor 3, Maret 2017 hlm 67-77.

Nurdin. 2017. Pengaruh Motivasi Mengajar dan Persepsi atas Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 2(1) Maret 2017.

Nuruni, Tri. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Pai Sd Negeri Di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru

Saudagar, Fachruddin dan Ali Idrus. 2011. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sulastri, Arum. 2015. Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Yusriadi. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Pada Universitas Malikussaleh. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi 2014 “Kesiapan Daerah Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”. Lhokseumawe 18 – 20 Nopember 2014. Fakultas Ekonomi – Universitas Malikussaleh




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v3i2.269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics