Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Yassir Yassir

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian es krim aice di Kabupaten Maros 2) Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian es krim aice di Kabupaten Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen es krim aice yang berada di Kabupaten Maros dimana jumlah konsumen yang ingin di teliti tidak diketahui pasti (akurat) berapa jumlahnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan metode teknik sampling non probabilitas (nonprobability sampling), karena besarnya peluang untuk terpilih sebagai subjek tidak diketahui. Sampel yang diambil dari masing-masing variabel pada penelitian ini ditentukan berdasarkan poin no.1 di atas, Ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai 500 adalah tepat untuk kebanyakan penelitian. Sehingga peneliti menetapkan 81 sampel untuk meneliti konsumen es krim aice di Kabupaten Maros. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Data yang dikumpulkan maka akan diuji dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah 1) Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords:
Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Harga, Produk

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ali, M., & Raza, S. A. (2017). Service quality perception and customer satisfaction in Islamic banks of Pakistan: the modified SERVQUAL model. Total Quality Management & Business Excellence, 28(5–6), 559–577. https://doi.org/10.1080/14783363.2015.1100517

Gong, T., & Yi, Y. (2018). The effect of service quality on customer satisfaction, loyalty, and happiness in five Asian countries. Psychology & Marketing, 35(6), 427–442. https://doi.org/10.1002/mar.21096

Hapsari, R., Clemes, M. D., & Dean, D. (2017). The impact of service quality, customer engagement and selected marketing constructs on airline passenger loyalty. International Journal of Quality and Service Sciences. https://doi.org/10.1108/IJQSS-07-2016-0048

Kasiri, L. A., Cheng, K. T. G., Sambasivan, M., & Sidin, S. M. (2017). Integration of standardization and customization: Impact on service quality, customer satisfaction, and loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 35, 91–97. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.11.007

Khamis, F. M., & AbRashid, R. (2018). Service quality and customer’s satisfaction in Tanzania’s Islamic banks: A case study at People’s Bank of Zanzibar (PBZ). Journal of Islamic Marketing, 9(4), 884–900. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2016-0068

Makanyeza, C., & Chikazhe, L. (2017). Mediators of the relationship between service quality and customer loyalty: Evidence from the banking sector in Zimbabwe. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2016-0164

Namin, A. (2017). Revisiting customers’ perception of service quality in fast food restaurants. Journal of Retailing and Consumer Services, 34, 70–81. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.09.008

Narteh, B. (2018). Service quality and customer satisfaction in Ghanaian retail banks: the moderating role of price. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2016-0118

Nguyen, Q., Nisar, T. M., Knox, D., & Prabhakar, G. P. (2018). Understanding customer satisfaction in the UK quick service restaurant industry: The influence of the tangible attributes of perceived service quality. British Food Journal. https://doi.org/10.1108/BFJ-08-2017-0449

Priporas, C., Stylos, N., Vedanthachari, L. N., & Santiwatana, P. (2017). Service quality, satisfaction, and customer loyalty in Airbnb accommodation in Thailand. International Journal of Tourism Research, 19(6), 693–704. https://doi.org/10.1002/jtr.2141




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.2745

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics