Analisis Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Penjualan Pada PT. Wicaksana Overseas International. Tbk Cabang Gowa

Sri Andayaningsih, Nurinaya Nurinaya, Sitti Marhumi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja penjualan PT. Wicaksana Overseas International. Tbk Cabang Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan bersaing terhadap variabel kinerja penjualan PT. Wicaksana Overseas International. Tbk Cabang Gowa yaitu dengan menerapkan strategi produk (product), strategi harga (price), strategi promosi (promotion) dan strategi distribusi (placement) yang dikenal dengan istilah 4P. Strategi produk dengan cara memastikan semua produk yang masuk di toko sudah mencakup semua produk unilever. Strategi harga dengan price list yang telah ditetapkan oleh unilever, untuk persaingan harganya dengan melakukan tambahan discount dan bonus barang. Strategi promosi melalui media elektronik TV, Radio, display produk di toko-toko supermarket dan toko-toko kosmetik. Dan strategi distribusi melalui pendistribusian yang rapat, penambahan outlet baru, penambahan varian produk, penambahan quantity berdasarkan pengambilan rata-rata up 20% dan service excellent yaitu memastikan ketersediaan produk serta memastikan produk sampai ke konsumen minimal H+2 setelah terbit faktur/ invoice pemesanan barang.

Kata Kunci : Keunggulan Bersaing, Kinerja Penjualan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Enock Narulita Poetri (2016) Analisis Pengaruh Keunggulan Besaing Dan Kapabilitas Organisasi Terhadap Kinerja Penjualan Pupuk NPK Kebomas (Studi Pada PT. Petrokimia Gresik)

https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3198

I Putu Pratama Adiputra, Kastawan Mandala (2017) Pengaruh Kompetensi Dan Kapabilitas Terhadap Keunggulan Kompetetitif Dan Kinerja Perusahaan

https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/33441/21238/

Khotiza Anisa (2022). Strategi Pemasaran Global Dan Riset Pasar Terhadap Penjualan Batik Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Industri Batik Tulis Giriloyo)

https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/article/view/2379

Kotler, Philip. (1993). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Diterjemahkan oleh Adi Zakaria Afif). Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Muhammad Haviel Nurachman (2020) Pencapaian Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi di Kota Bandung

http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6797

Nofrizal Nofrizal, Aznuryandi Aznuryandi , dkk (2021) Pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pengrajin rotan Pekanbaru

https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jbb/article/download/2487/pdf

.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3386

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics