PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN, FASILITAS DAN MINAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSU WISATA UIT MAKASSAR

agung wicaksono, Muzakir Muzakir, Gunawan BI

Sari


ABSTRAK
Semakin ketatnya persaingan serta pasien yang semakin selektif danberpengetahuan mengharuskan RSU Wisata UIT selaku salah satu penyedia jasa pelayanan keperawatan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, terlebih dahulu harus diketahui apakah pelayanan yang telah diberikan kepada pasien selama ini telah sesuai dengan harapan pasien atau belum. Hal ini penting dilakukan sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan optimal, sehingga RSU Wisata UIT dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan pasiennya meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata UIT Makassar(2).Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata UIT Makassar, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh minat terhadap kepuasan pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata UIT Makassar, (4). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan keperawatan, fasilitas dan minat secara simultan terhadap kepuasan pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata UIT Makassar, (5). Untuk mengetahui dan menganalisis variabel mana yang lebih berpengaruh antara kualitas pelayanan keperawatan, fasilitas atau minat terhadap kepuasan pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata UIT Makassar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study menggunakan variabel-variabel, baik sebagai variabel independen dan variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden.Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program SPSS metode analisis Regresi Linier Berganda.Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis membuktikan bahwa Kualitas Pelayanan Keperawatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Wisata UIT Makassar, Fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Wisata UIT Makassar. Fasilitas menunjang dalam memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pasien, Minat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Wisata UIT Makassar. Semakin baik kualitas pelayanan maka akan menarik minat pasien untuk berobat di RSU Wisata UIT Makassar, Kualitas Pelayanan keperawatan,fasilitas dan minat memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Wisata UIT Makassar.
Kata kunci:Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Minat Pasien

Abstract

The increasingly tight competition and increasingly selective and knowledgeable patients require the UIT Tourist Hospital as one of the providers of nursing services to always improve the quality of service. To be able to improve the quality of service, it must first know whether the service has been given to the patient so far has been in accordance with the expectations of patients or not. It is important to do as a reference in improving the service in order to provide optimal satisfaction, so UIT Tourist Hospital is required to always maintain the trust and satisfaction of patients by improving the quality of service to increase patient satisfaction.

The purpose of this study are: (1). To know and analyze the influence of nursing care to patient satisfaction Inpatient Hospital In Space Travel Makassar UIT (2). To know and analyze the effect on patient satisfaction facilities Inpatient Hospital In Space Travel Makassar UIT, (3) to determine and analyze the influence of interest in the patient satisfaction Inpatient Hospital In Space Travel Makassar UIT, (4). To know and analyze the influence of the quality of nursing services, facilities and interests simultaneously on patient satisfaction Inpatient Hospital In Space Travel Makassar UIT, (5). To know and to analyze which of the more influential variables between the quality of nursing services, facilities or interest in the patient satisfaction Inpatient Hospital In Space Travel Makassar UIT.The method used in this research is survey method with quantitative approach with cross sectional approach using variables, either as independent variables and the dependent variable. The sample used in this research is to use slovin technique so that the number of samples in this study were 40 respondents. Analysis of the data used is descriptive quantitative by using SPSS Regression analysis method.The results based on hypothesis testing to prove that the Nursing Care Quality partially positive and significant impact on patient satisfaction in the inpatient unit RSU Makassar Tourism UIT, partially amenities positive and significant impact on patient satisfaction in the inpatient unit RSU Makassar Tourism UIT. Amenities support in providing satisfactory service to patients, partial interest in a positive and significant impact on patient satisfaction in the inpatient unit RSU Makassar Tourism UIT. The better the quality of service it will attract patients to seek treatment in public hospitals Makassar Tourism UIT, nursing service quality, facilities and interests have simultaneous influence on patient satisfaction in the inpatient unitTourism UIT Makassar Hospital

Keyword:Quality of Service, Facilities, Patient Interests

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah Dedi (2012). Manajemen pelayanan kesehatan. Yogjakarta : Nuha Medika.

Abdillah, A. D. &Ramdan,M. (2009). Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Sindang kerta Kabupaten Bandung Barat.Jurnal kesehatan Kartika StikesA.Yani

Ali, Z. (2010). Pengantar metode statistic untuk keperawatan.Jakarta : TIM

Asmuji. (2012). Manajemen keperawatan: konsep dan aplikasi. Jogjakarta:

Arruzz Media Arikunto.(2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta :PT.Rinekacipta

Arwani&Supriyatno,H.(2005). Manajemen bangsal keperawatan. Jakarta: EGC

Atikah, D. R. (2014).Hubungan kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Aceh timur.Tesis mahasiswa Stikes Cut Nyak Dhien Langsa

Aziz, A. H. (2007). Metodelogi penelitian keperawatan dan teknik analisa data. Jakarta: Salemba medika

Bauk, I, Kadir, A.R &Saleh, A. (2013).Hubungan karakteristik pasien dengan kualitas pelayanan :persepsi pasien pelayanan rawat inap RSUD Majene.

Dharma kusuma kelana. (2013). Metodologi penelitian keperawatan. Jakartatimur: CV. Trans Media.

Hidayat AA (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan tehnik analisa data. Jakarta: Salemba Medika.

Muninjaya Gde AA. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Kedokteran EGC.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan. EdisiEmpat. Jakarta :Salemba Medika.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan. Edisi Tiga. Jakarta :Salemba Medika.

Nursalam (2013).Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.Jakarta selatan : Salemba Medika.

Setiadi. (2007). Konsep dan penulisan Riset Keperawatan. Yogjakarta : Graha Ilmu

Simamora, Roymond H. (2012). Buku ajar manajement keperawatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Pohan, I.S.(2003). Jaminan mutu pelayanan kesehatan: dasar-dasar pengertian. Jakarta: Kesaint Blanc.

Riduwan, 2012, Skala Pengukuran Variabel-Variabel.Alvabeta. Bandung

Simamora, Henry. 2004,Manajemen Sumber Daya Manusia, Yokyakarta: STIE YKPN: 2004

Sedarmayanti, 2004.Prestasi dalam Pengembangan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pegawai PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Swarburg, R.C, 2010.Pengembangan Staff Keperawatan Serta Pengembangan SDM, Buku Kedokteran, Jakarta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D.Alvabeta. Bandung

Sitorus, R., &Yulia.(2006). Model praktik keperawatan profesional di rumah sakit. Jakarta: EGC.

Sunariyo, 2012.Psikologi Untuk Keperawatan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta

Sujarweni vw. (2014). Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta : Gava Media.

Tribowo Cecep(2013). Manajemen pelayanan di rumah sakit. Jakarta :CV Trans Info Media. Hal 45 – 47

Wardoyo, 2005, Pengaruh Kompetens iterhadap Komitmen dan Kinerja Karyawan PT. Bontanng Kalimantan Timur.Tesis PPS-UB, Malang, Tidak Dipublikasikan.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i1.36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics