PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN, KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SOPPENG

Muh Ridewan, Akmal Umar, Abdul Razak Munir

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. 2) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. 3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. 4) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komunikasi dan profesionalisme terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng dengan jumlah populasi sebanyak 142 orang pegawai. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 59 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. 2) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. 3) Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. 4) Kepemimpinan, Komunikasi dan Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Komunikasi, Profesionalisme, Kinerja Pegawai.



ABSTRACT

This research aims: 1) To determine the effect of leadership on the performance of employees at the Office of Revenue, Finance and Asset Soppeng. 2) To determine the effect of communication on the performance of employees at the Office of Revenue, Finance and Asset Soppeng. 3) To determine the effect of professionalism to the performance of employees in the Office of Revenue, Finance and Asset Soppeng. 4) To determine the effect of leadership, communication and professionalism of the performance of employees in the Office of Revenue, Finance and Asset Soppeng. The research was conducted at the Office of Revenue, Finance and Asset Soppeng with a total population of 142 employees. The research sample was determined by using the formula slovin thus obtained sample of 59 people. Analysis of the data in this study using multiple linear regression analysis. The results showed that: 1) Leadership positive and significant effect partially on the performance of employees at the Department of Revenue, Finance and Asset Soppeng. 2) Communication positive and significant effect partially on the performance of employees at the Department of Revenue, Finance and Asset Soppeng. 3) Professionalism positive and significant effect partially on the performance of employees at the Department of Revenue, Finance and Asset Soppeng. 4) Leadership, Communication and Professionalism positive and significant effect simultaneously on the performance of employees at the Department of Revenue, Finance and Asset Soppeng.
Keywords: Leadership, Communication, Professionalism, Performance Officer.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Davis, K., & Newstrom, J.W. 2004. Human Behavior at Work: Organizational Behavior. Singapore: Mc. Graw-Hill Book Company.

Fauzi, Imam. 2012. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Unit SKT Brak BL 53 PT. Djarum Kudus, Management Analysis Journal.I (1), 1-7.

Hamalik, Oemar, 2000. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Y.P. Pemindo.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen. Cetakan Kedelapanbelas. BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Indrawan, M. I. 2009. Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja SDM. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, Vol 2, No.1

Keban, T. Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Gava Media. Yogyakarta.

Luthans, Fred. 2011. Organizational Behavior: An Evidence – Based approach. New York: The McGrow-Hill Companies, Inc.

Moekijat. 1993. Teori Komunikasi. Bandung : Mandar Maju.

Mondy, R.W. and Noe, R.M, 1990. Human Resource Management 4th Edition. USA: Allyn and Bacon

Partini, Sri dan Hartono. 2013. Pengaruh Komunikasi, Kepemimpinan dan Kedisiplinan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surakarta”. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, No: 02/th.vi/Agustus 2012-Januari 2013.

Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta:BPFE.

Raharjo, Mudji, dan Purbudi. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. UPN. Yogyakarta.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Siagian, Sondang P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siahaan, Victor. D. 2010. Pengaruh Profesionalisme Terhadap Komitmen Organisasi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Auditor (Studi Pada Kantor Perwakilan Bpk-Ri Provinsi Aceh). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Vol.3 No. 1. Januari. Hal. 10-28.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Terry, George R. dan Rue, Leslie W., 2005. Dasar – Dasar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Winardi T., 2006, Manajemen Perilaku Organisasi, Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i1.37

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics