Analisa Pengaruh Digital Sales dan Consumer Behavior Terhadap Online Purchase Decision yang Dimoderasi oleh COVID-19 Pandemic

Anastasia Nabella Setiawan, Yandi Suprapto

Sari


Covid-19 Pandemic sangat berdampak pada segala aspek. Salah satu perubahan yang terjadi adalah kegiatan bisnis yang lebih banyak dilakukan secara online. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan consumer behavior dalam membuat online purchase decision. Konsumen banyak yang beralih untuk berbelanja online karena adanya peraturan pemerintah mengenai pembatasan aktivitas masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus corona sehingga masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah atau secara online. Target populasi penelitian ini terdiri dari masyarakat yang pernah melakukan kegiatan belanja online sebelum ataupun sesudah terjadinya pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah berdasarkan data primer. Peneliti melakukan penyebaran kuisioner ke populasi yang sesuai dengan kriteria dan melakukan uji validitas dan reabilitas data menggunakan software Smart PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dependen Online Purchase Decision dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yakni Consumer Behavior dan Digital Sales dan faktor lainnya yaitu Covid-19 Pandemic.

Kata Kunci: Digital Sales, Consumer Behavior

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amanah, D., Harahap, D. A., Gunarto, M., & Purwanto. (2020). Perceived Risk and Security in Creating Online. Journal of Applied Bussines and Economics (JABE), 7(2), 162–179.

Butu, A., Brumă, I. S., Tanasă, L., Rodino, S., Vasiliu, C. D., Doboș, S., & Butu, M. (2020). The impact of COVID-19 crisis upon the consumer buying behavior of fresh vegetables directly from local producers. Case study: The quarantined area of Suceava County, Romania. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(15), 1–25. https://doi.org/10.3390/ijerph17155485

Handayani, S., & Nawawi, Z. M. (2022). Effect of Online Purchase. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 1(2), 267–270. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jambd/article/view/2580

Kim, R. Y. (2020). The Impact of COVID-19 on Consumers: Preparing for Digital Sales. IEEE Engineering Management Review, 48(3), 212–218. https://doi.org/10.1109/EMR.2020.2990115

Omar, A. M., & Atteya, N. (2020). The Impact of Digital Marketing on Consumer Buying Decision Process in the Egyptian Market. International Journal of Business and Management, 15(7), 120. https://doi.org/10.5539/ijbm.v15n7p120

Patil, B., & Patil, N. (2020). Impact of COVID-19 Pandemic on Consumer Behaviour. Mukt Shabd Journal, 9(5), 3074–3085.

Rachmawati Harum, J., Kusumawati, A., & Kholid Mawardi, M. (2021). PENGARUH PERMISSION EMAIL MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DAN DAMPAKNYA PADA PURCHASE DECISION (Survei Pada Customer Lazada Indonesia). Profit, 15(01), 8–11. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.2

Suprapto, Y., & Farida, F. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Trust, Security, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Terhadap Adoption Intention Fintech Di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 319–332. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.569




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3822

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics