Strategi yang Diterapkan McDonalds dalam Memasuki Pasar International

Yandi Suprapto, Steven Steven, Hendri Vinchen, Leonard Leonard

Sari


McDonald’s merupakan salah satu pioneer restoran cepat saji yang telah berhasil menguasai pasar global termasuk di Indonesia. Persaingan antara restoran cepat saji semakin ketat, sehingga perusahaan makanan cepat saji berlomba-lomba menciptakan inovasi dan ide-ide menarik untuk mempertahankan konsumen. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis apa dan bagaimana cara McDonald’s dapat memasuki pasar internasional dan menjadi restoran cepat saji yang paling diminati oleh masyarakat mancanegara.

Kata Kunci : Bisnis Internasional, McDonald’s, Kompetisi Global, Strategi Bisnis, Pasar Global

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Jurnal Mirai Management. (n.d.). Retrieved March 30, 2023, from https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Krisnan. (2022, June 29). 8 pengertian Penelitian Deskriptif Menurut Para Ahli. Meenta. Retrieved March 30, 2023, from https://meenta.net/pengertian-penelitian-deskriptif/

Dunning, J. H., & Lundan, S. M. (2008). Institutions and the OLI paradigm of the multinational enterprise. Asia Pacific Journal of Management, 25(4), 573-593.

Hill, C. W. L., & Jones, G. R. (2012). Strategic management theory: an integrated approach. Cengage Learning.

Kotler, P., Keller, K. L., & Burton, S. (2015). Marketing management. Pearson Education.

McDonald's Corporation. (n.d.). About us. Retrieved from https://corporate.mcdonalds.com/corpmcd/about-us.html

McDonald's Corporation. (n.d.). Our journey: How McDonald's is evolving. Retrieved from https://corporate.mcdonalds.com/corpmcd/our-journey.html

Rugman, A. M., & Verbeke, A. (2001). Subsidiary-specific advantages in multinational enterprises. Strategic Management Journal, 22(3), 237-250.

Rugman, A. M., & Verbeke, A. (2004). A perspective on regional and global strategies of multinational enterprises. Journal of International Business Studies, 35(1), 3-18.

Rugman, A. M., & Verbeke, A. (2008). Internalization theory and its impact on the field of international business. In H. W. Hoen & P. W. M. Ruigrok (Eds.), The future of foreign direct investment and the multinational enterprise (pp. 135-157). Emerald Group Publishing Limited.

Yip, G. S. (1992). Total global strategy: Managing for worldwide competitive advantage. Prentice Hall.

Yip, G. S., & Hult, G. T. M. (2012). Total global strategy II: Updated for the internet and service era. Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4587

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics