Analisis Kekuasaan, Kebudayaan dan Pribumisasi

Mamat Rahmat

Sari


Cultural studies, merupakan paradigma baru dalam kajian ilmu sosial, yang memperkenalkan petradaban budaya dalam dimensi yang baru. Bukan hanya sebagai kreasi pemikiran manusia dan hasil tindak perilaku, melainkan menelaah pemahaman yang mendalam antara kekuasaan, budaya dan pribumisasi yang mendasarinya. Tujuan dari kajian pribumisasi budaya ini adalah untuk meneliti kekuasaan dan ideologi yang membentuk kehidupan sehari-hari manusia dalam bnerperilaku. Segala yang tampak normal dan apa adanya dalam kehidupan sehari-hari, bahkan perilaku santai adalah produk bentukan dari sebuah ideology. Metodologi esensial dan krusial dalam membedah peran ideologi salah satunya melalui analisis metodologi dengan semiotika Roland Barthes dan Bennard Lewis. Dalam kajian media, mitologi dengan tajam menelaah bagaimana ideology yang dominant menghegemoni praktik kehidupan masyarakat sehari- hari.

Kata Kunci: Analisis Kekuasaan, Budaya dan Masyarakat Adat

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adian, Donny Gahral. Percik Pemikiran Kontemporer. Jalasutra.Jakarta. 2006. Barker, Chris. Cultural Studies : Teori dan Praktik. Bentang. Yogyakarta. 2000.

Fiske, John. Cultural and Communication Studies : Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta. 2004.

Noviani, Ratna. Jalan Tengah Memahami Iklan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta . 2002 Osborne, Richard. Borin Van Loon. Seri Mengenal dan Memahami Sosiologi. Scientific Press. Batam. 2005.

Sardar, Ziauddin., Borin Van Loon. Seri Mengenal dan Memahami Cultural Studies. Scientific Press. Batam. 2007

Sobur, Drs. Alex M.Si. Analisis Teks Media. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 2002. Semiotika Komunikasi. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 2003.

Storey, John. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Jalasutra. Yogyakarta .2007.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4680

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics