Peran Food Vlogger, Content Kreator Di Sosial Media dan Youtube Dalam Keputusan Berwirausaha Kuliner

Nur Rahmi, Rahmisyari Rahmisyari

Sari


Inbound marketing telah menjadi pilihan populer dewasa ini dibandingkan pemasaran konvensional sebagai dampak perubahan perilaku konsumen. Dengan memanfaatkan flatform sosial media seperti facebook, Instagram dan Youtube , food vlogger dan content creator memaksimalkan perannya sebagai digital influencer marketing. Akun Lhela Make-Up menjadi salah satu akun yang menjadi bahan kajian, dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif, penelitian ini akan menajwab permasalahan peneltian yaitu bagaimana peran food vlogger dan content creator dalam memotivasi pengambilan keputusan berwirausaha dan bagaimana menjelaskan peran mereka dalam tinjauan pemberdayaan sumber daya manusia. Hasil penelitian menjelaskan social attractiveness dari food vlogger telah dengan indkitor pembawaan yang menarik dan atraktif berhasil menumbuhkan sikap percaya diri (confident) dan kreatifitas (creativity) sehingga membangkitkan jiwa kewirausahaan pemilik akun lhela make-up dan mempengaruhinya dalam melakukan pengambilan keputusan untuk berwirausaha kuliner. Sedangkan content creator membuat keterampilan memasak pemilik akun Facebook Lhela Make-Up menjadi lebih meningkat, menambah pemahaman tentang perencanaan serta manajemen bahan baku, bagaimana membuat manajemen waktu dalam memasak, membuat pengemasan yang baik dan teknik pemasaran yang bisa dijalankan nanti sehubungan dengan bisnis kuliner yang akan dijalankannya.

Kata kunci: Food Vlogger, Content Creator, Studi Deskriptif

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abduh, T., Remmang, H., Palisuri, P., & Karim, A. (2023). Leadership Model and Work Motivation of Employees Research and Development Planning Agency for Regional South Sulawesi Province. target, 95(146.22), 154. DOI: 10.47191/jefms/v6-i1-23.

Abdul Karim, S. E. (2023). Analisis Kebangkrutan Perusahaan Makanan & Minuman Di Indonesia. Nas Media Pustaka.

Dewi, R., Azis, M., Rauf, A., Sahabuddin, R., & Karim, A. (2022). Empowering Communities on the Feasibility of Local Chicken Livestock Business in South Sulawesi Province, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 11034-11045.

Farih, A., Jauhari, A., & Widodo, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 4(1), 41-60. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.361

Hasniati, H., Indriasari, D. P., Sirajuddini, A., & Karim, A. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1). https://doi.org/10.21512/bbr.v14i1.8936

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831

Karim, A. (2019, March). The Effect of" Axis Hits Bonus" Version Tagline Advertising and Ambassador Brand Against Axis Cards Awareness. In First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018) (pp. 63-66). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.13

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Karim, A., Ruslan, M., Burhanuddin, A., Taibe, P., & Sobirin, S. (2023). Contribution of Village Funds to Regional Economic Recovery in South Sulawesi Province. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 573-589. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4412

Karim, A., Syamsuddin, I., & Asrianto. (2023). PROFITABILITY RATIO ANALYSIS PROFIT GROWTH PT. GUDANG GARAM TBK ON THE IDX FOR THE 2014-2021 PERIOD. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(02). DOI : 10.29040/ijebar.v7i2.9133

Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341

Mardjuni, S., Karim, A., & Thanwain, T. (2023). Analisis Tunjangan Kinerja Anggota Ditpamobvit Pada Polisi Daerah Sulawesi Selatan. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 634-646. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4414

Mardjuni, S., Thanwain, I. N., Abubakar, H., Menne, F., & Karim, A. (2022). BUSINESS SUSTAINABILITY IN FOOD AND BEVERAGE PROCESSING INDUSTRY THROUGH INNOVATION IN MAROS REGENCY, INDONESIA. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(6). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.6.85

Muslimin, K., & Sulfianty, S. (2020). Tax Sanctions and Tax Office Services Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Usaha di Kabupaten Pohuwato. Al-Buhuts, 16(2), 52-70. https://doi.org/10.30603/ab.v16i2.1754

Muslimin, K., & Sulfianty, S. (2022). Pemeriksaan Manajemen Terhadap Fungsi Keuangan Pada PDAM Tirta Maleo Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 130-136. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1854

Rahmi, N. (2019). Pengaruh pelatihan gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pt. Perkebunan nusantara xiv (persero) makassar. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(1), 37-47. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.121

Rahmi, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo. MALA'BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 2(2), 65-84.

Rahmi, N. (2020). THE EFFECT OF WORK ENVIRONTMENT ON TEACHERS’PERFORMANCE AT SMA NEGERI 1 DULUPI. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 14(2), 219-233. HTTPS://DOI.ORG/10.30650/JEM.V14I2.1596

Sulfianty, S., & Muslimin, K. (2022). Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Manajerial’. YUME: Journal of Management, 5(3), 7-12. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3068

Wahyuni, N., Kalsum, U., Asmara, Y., & Karim, A. (2022). Activity-Based Costing Method as an Effort to Increase Profitability of PT. Anugrah Ocean Wakatamba. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 14(2). https://doi.org/10.17509/jaset.v14i2.45642




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5314

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics