Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen Jasa Kurir Lokal Melalui Kualitas Layanan

Ratna Dewi, Ainun Zahira Haerul, Yogie Wijaya RD, Muh. Farzain Rizqullah

Sari


Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya layanan jasa kurir dalam konteks infrastruktur perhubungan di Kota Soppeng. Kualitas layanan menjadi poin kunci yang memengaruhi persepsi dan kepuasan pelanggan terhadap jasa kurir lokal. Faktor-faktor seperti bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dipercaya memengaruhi pengalaman konsumen. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis dampak kualitas layanan jasa kurir di Kota Soppeng terhadap persepsi dan kepuasan pelanggan. Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, layanan jasa kurir lokal di Kota Soppeng menghadapi beberapa tantangan, termasuk masalah kualitas layanan, penurunan persepsi kepuasan konsumen, keterbatasan informasi, pemahaman yang kurang tentang kualitas layanan, serta potensi untuk meningkatkan layanan. Kebaruan dari penelitian ini adalah fokus pada pendekatan holistik terhadap kualitas layanan jasa kurir di Kota Soppeng. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dengan pengambilan sampel responden sebanyak 70 orang yang dipilih secara sengaja berdasarkan pengalaman menggunakan layanan kurir lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik, kehandalan, dan empati adalah faktor utama yang berpengaruh pada kepuasan konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya meningkatkan aspek-aspek tersebut dalam layanan kurir untuk memenuhi harapan konsumen. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti perlunya penyedia jasa kurir lokal untuk terus memperbaiki layanan dengan fokus pada bukti fisik yang jelas, kehandalan pengiriman, dan kemampuan untuk menampilkan empati kepada konsumen.
Keywords:
Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Jasa Transportasi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Basalamah, J., Syahnur, M. H., Ashoer, M., & Bahari, A. F. (2020). Consumer Behavior in Online Transportation Services : A Systematic review of Business Strategies. Ilomata International Journal of Management, 1(3), 134–144.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. In Semarang: Penerbit Undip.

Hair, J., Black, W., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2009). Multivariate data analysis. Prentice Hall.

Herman, H., Kamase, J., Nujum, S., & Dewi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Perbaikan Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Ekonomi Global, 1(2), 185–199.

Hidayat, P. R., Ritonga, S., & Suharyanto, A. (2020). Strategi Pemasaran Brothers Café dalam Membangun Brand Image Bagi Pengunjung Di Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1), 33–37.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Parasuraman, A., Zeithaml, A., & Berry, L. (2012). Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. Journal of Marketing, 58(1), 111–124.

Said, S., Gani, A. A., Taufan, R. R., Syahnur, M. H., & Basalamah, J. (2020). Green Marketing Practice In Purchasing Decision Home Care Product. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9(06), 893–896.

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. In Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D.

Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics