PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SDIT AL-FITYAN SCHOOL KABUPATEN GOWA

Suardi -, Hasmin Tamsah

Sari


ABSTRAK

Pengaruh Kepemimpinan, Budaya dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran  pada  SDIT Al-Fityan School Kabupaten Gowa  (dibimbing oleh Haedar Akib dan Hasmin Tamsah).

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk menganalisis pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja guru dalam Pembelajaran  Pada SDIT Al-Fityan School Gowa;  2) Untuk menganalisis pengaruh Budaya terhadap kinerja dalam Pembelajaran  Pada SDIT Al-Fityan School Gowa; 3) Untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap kinerja dalam Pembelajaran  Pada SDIT Al-Fityan School Gowa;  4) Untuk menganalisis pengaruh Kepemimpinan, Budaya dan Lingkungan Sekolah terhadap kinerja dalam Pembelajaran  Pada SDIT Al-Fityan School Gowa.

Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Fityan School Gowa kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner/angket. Analisis data menggunakan analisis regresi liner berganda dengan menggunakan komputer program SPSS 16 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 80 responden.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Kepemimpinan berpengaruh positf dan signifikan terhadap kinerja guru dalam Pembelajaran  di SDIT Al-Fityan School Gowa, 2) Budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam Pembelajaran  di SDIT Al-Fityan School Gowa, 3) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam Pembelajaran  di SDIT Al-Fityan School Gowa, 4) Kepemimpinan, Budaya dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam Pembelajaran  di SDIT Al-Fityan School Gowa.

Berdasarkan hasil analisis secara parsial diperoleh kesimpulan bahwa 1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Artinya semakin baik Kepemimpinan, maka semakin baik pula kinerja guru, sebaliknya, semakin tidak baik kepemimpinan maka semakin tidak baik pula kinerja Guru. 2) Budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. 3) Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. 4) Berdasarkan hasil analisis secara parsial dan simultan, diperoleh kesimpulan bahwa kepemimpinan, Budaya, dan Lingkungan Sekolah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya, Lingkungan Sekolah, Kinerja Guru.

 

ABSTRACT

 

The Influence Leadership, Cultural and Environmental Performance Against School Master in Education at Al-Fityan School SDIT Gowa Regency (guided by Haedar Akib and Hasmin Tamsah).

This research aims: 1) To analyze the effect of leadership on teacher performance in Learning In SDIT Al-Fityan School Gowa Regency; 2) To analyze the influence of culture on performance in Learning In SDIT Al-Fityan School Gowa Regency; 3) To analyze the effect on the performance of the School Environment in Learning In SDIT Al-Fityan School Gowa Regency; 4) To analyze the effect of Leadership, Culture and Environment School on the performance of the Learning In SDIT Al-Fityan School Gowa Regency.

The research was conducted in Al-Fityan SDIT subdistrict Somba Opu School Gowa Gowa Regency. The research method uses quantitative methods. Data collection techniques by using questionnaires. Analysis of data using multiple linear regression analysis using SPSS 16 with the number of samples are 80 respondents.

The results showed 1) Leadership influential has positve and significant impact has on the performance of teachers in the Learning in SDIT Al-Fityan School Gowa Regency, 2) Culture positive and significant effect on the performance of teachers in the Learning in SDIT Al-Fityan School Gowa Regency, 3) The school environment has a positive effect and significantly to the performance of teachers in Education at Al-Fityan SDIT School Gowa Regency, 4) Leadership, Culture and Environment School together have positive and significant impact on the performance of teachers in the Learning in SDIT Al-Fityan School Gowa Regency.

Based on the partial results of the analysis we concluded that 1) leadership has positive and significant effect on the performance of teachers. This means that the better the leadership, the better the performance of teachers, on the contrary, the less well the more is not good leadership anyway teacher performance. 2) Culture positive and significant impact on teacher performance. 3) Environmental Educational positive and significant impact on teacher performance. 4) Based on the partial and simultaneous analysis, we concluded that leadership, culture, and the School Environment simultaneously (together) positive and significant impact on teacher performance.

Keywords: Leadership, Culture, Environment School, Teacher Performance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Danang Sunyoto, Ari Setiawan.2013. Buku Ajar : Statistik Kesehatan Paramatrik, Non Paramatik, Validitas, dan Reliabilitas. Nuha Medika. Yogyakarta.

Donni Junni Priansa, Rismi Somad. 2014. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta. Bandung.

Kartono, Kartini. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan, Rajawali Pers. Jakarta.

Minnah,El Widdah, Asep Suryana, Kholid Musyaddad, 2012. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Alfabeta, Bandung

Mangkunegara,A.A. 2012. Evaluasi kinerja SDM. PT.Rafika Aditama. Bandung.

Mulyasa. E. H. 2014, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, PT Bumi Aksara Jakarta.

Nurmiati, Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Hadji Kalla, Akmen Jurnal Ilmiah, Vol, 11 , No.2 Juni 2014

Prihatin, Eka. 2014. Teori Administrasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2012. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Palito Media. Surabaya.

Rachmawati, Kusdyah, Ike. 2012. Sumber Daya Manusia. Andi. Jogjakarta.

Riduwan, Sunarto. 2015. Pengantar Statistika untuk penelitian : Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. AlFabeta. Bandung.

Sutikno, M Sobry. 2012, Manajemen Pendidikan, Holistica.Lombok

Sutrisno,Edy.H. 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Pressdamedia Group. Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Wahab, Azis, Abdul. 2011. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Wahyudi, 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Alfabeta, Bandung

Wahjosumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yeti Haryati dan Mumuh Muhsin, 2014. Manajemen Sumber Daya Pendidikan, CV. Pustaka Setia. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diknas. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Dosen dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008. Tentang Guru. Diknas. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 18 Tahun 2007. Tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Diknas. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v1i1.6

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics