Sumber Daya Manusia dalam Penggunaan Sistem Informasi E-Commerce Pada Proses Jual Beli di Indonesia

St.Nurhayati Azis, Kartono Mochtar, Hardianti Hardianti, Ernawati Ridjal

Sari


Artikel ini tentang SDM dalam penggunaan system informasin E-Commer pada proses jual beli. E-Commerce adalah suatu upaya transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Perkembangan teknologi informasi terutama di bidang internet merupakan faktor pendorong perkembangan E- Commerce. Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu produsen dalam menghadapi saingan. Namum muncul pertanyaan, mampukah masyarakat Indonesia sembagai sumber daya manusia (SDM) menggunakan aplikasi aplikasi E-Commerce dalam transaksi Jual Beli sehingga tidak ketinggalan jaman dan mampu ikut bersaing di era Sistem Informasi Manajemen Internasioanl. Tujuan Tugas ini adalah untuk membuat sistem informasi E-Commerce dapat di akses oleh masyarakan Indonesia, yang merupakan sarana pemasaran dan penjualan untuk mengembangkan usaha dalam jual beli produk secara online yang berisi tentang informasi produk serta proses pemesanan produk. Aplikasi E-Commerce yang akan di sandingkan dengan pengguna SDM adalah beberapa Website seperti Tik Tok, Facebook, Instagram, Lazada, Traveloka,Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Grab, Maxim dll yang sasaran utamanya adalah Sumber Daya Manusia sebagai pelaku transaski jual beli

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, E- Commerce, Jual Beli

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andi, Pengembangan Sistem Menggunakan Pendekatan Protoype, Gava Media, Yogyakarta, 2010.

Farisi, Pajrin. 2011. Proyek Membuat Website Jejaring Sosial Dengan Joomla. Yogyakarta: Lokomedia. ISO/ IEC, Software engineering: product quality - part 2 - external metric, Canada: Int ernat ional t echnical report , 2001.

Kusrini, Andri Koniyo. 2007. Tuntutan Praktis Membangu Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

ong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Chhillar, N., & Arora, S. (2022). Personal financial management behavior using digital platforms and its domains. Journal of Financial Management, Markets and Institutions, 10(2). https://doi.org/10.1142/S2282717X22500098

Darmayanti, R., Nguyen, T., & Serpe, A. (2023). Gema Cow-Pu: Development of mathematical crossword puzzle learning media on geometry material on middle school students’ critical thinking ability. Assyfa Learning Journal, 1(1), 37–48.

Dewi, G. A., & Wulandari, A. A. A. I. (2023). Digital-based financial management training for the younger. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 345–351




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics