Pengaruh Fasilitas Tempat, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Grand Maerakaca Semarang
Sari
Variabel Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Grand Maerakaca Semarang (Y) dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel Fasilitas Tempat (X1), sesuai temuan penelitian dengan nilai t hitung sebesar 4,501 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk hasil uji parsial. . Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Grand Maerakaca Semarang (Y) mempunyai hubungan positif terhadap variabel Kualitas Pelayanan (X2). Nilai t hitung untuk hubungan ini sebesar 2,187 dan nilai signifikansi sebesar 0,031. Hasil uji parsial menunjukkan nilai t hitung sebesar 4,383 dan nilai signifikan sebesar 0,000 menunjukkan adanya pengaruh positif antara variabel citra disnati (X3) terhadap variabel Kinerja Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Grand Maerakaca Semarang (Y).
Kata Kunci: Fasilitas Tempat, Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi, Kepuasan Pengunjung
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Asmike et al., 2022 Service Quality (Servqual) and It’s Effect on Customer Satisfaction in Retailing. European Journal of Social Sciences. 16/2: 231-243
Harfika, J., dan Abdullah, N. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56.
Hendratono et al., 2023 Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis.
Ismawati. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Makasar.
Mahiri, Eli Achmad. 2020. “Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran.” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 11(3):227–38. doi: 10.32670/coopetition.v11i3.154
Muhammad Isa, 2020 Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Jurnal Ekonomi. Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.2 No.3
Permana, H. D., Hapsari, A. A., Nugraha, D., & Jaenul, A. (2021). Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(2), 202–209
Rahmat Priyanto & Intan Mahfud, 2019 Kualitas Layanan, Fasilitas, dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan pada Kantor Samsat Manado. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.1 No.3 September 2013. Diakses tanggal 6 April 2016. Hal.750-760.
Setyanto et al., 2019 image and reputation of higher education institutions in students’ retention decisions. The Journal of Educational Management, 15 (6)
Sugiyono (2017) metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta. Bandung
Sujarweni dan Endrayanto, 2012 Brand image, Customer Satisfaction and Loyalty Intention. International Journal of Multidisciplinary Management Studies. 2 (5)
Suriani et al., 2022 Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 14 (2)
Syamsudin et al., 2019 Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol. 1 No. 4 (2013). http://ejournal. unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/2723/2276
Widyawati, S & Faeni, R. . (2021). Pengaruh Marketing Online, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Borobudur (The Influence of Online Marketing, Service Quality and Price on Borobudur Hotel Consumer Satisfaction)
Yupiter Mendrofa & Yuterlin Zalukhu, 2022 Fasilitas, Servicescape, dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen MCDONALD’S Manado. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.2 No.3 September 2015. Diakses tanggal 6 April 2016. Hal. 126-136
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6210
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.