Urgensi Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Di Indonesia Perspektif Ekonomi Islam: Sebuah Meta-Sintesis
Sari
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Anatan, L. (2007). Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Universitas Kristen Maranatha.
Ambarini, N. S. B. (2010). Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai instrumen hukum ekonomi di era globalisasi. Jurnal Dinamika Hukum, 10(3), 308-318.
Asniwaty, B. (2010). Evaluasi Pelaksanaan Coorporate Sosial Responsibity CSR PT. Pupuk Kaltim. Jurnal Eksis, 6(1), 1267-1273.
Ariefianto, L. (2015). Program corporate social responsibility (CSR) PT Semen Indonesia Tbk dan dampaknya terhadap keberdayaan masyarakat. Pancaran Pendidikan, 4(2), 115-134.
Ardani, N. K. S., & Mahyuni, L. P. (2020). Penerapan corporate social responsibility (CSR) dan manfaatnya bagi perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12-23.
Ardi, M. (2015). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Islam. Syariah, 1(3).
Budianto, E. W. H., & Dewi, N. D. T. (2023). Pemetaan topik penelitian seputar Corporate Social Responsibility (CSR) pada perbankan syariah dan konvensional. studi bibliometrik VOSviewer dan literature review.
Cahyaningtiyas, E., & Canggih, C. (2020). Islamic corporate responsibility dan kinerja keuangan pada bank umum syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 3(2), 72-81.
Daniri, M. A. (2008). Standarisasi tanggung jawab sosial perusahaan. Indonesia: Kadin Indonesia, 2(1), 1-36.
Edwards, J., & Kaimal, G. (2016). Using Meta-Synthesis to Support Application of Qualitative Methods Findings in Practice: A Discussion of Meta-Ethnography, Narrative Synthesis, and Critical Interpretive Synthesis. The Arts in Psychotherapy, 51.
Erwin, E. J., Brotherson, M. J., & Summers, J. A. (2011). Understanding Qualitative Metasynthesis, Issues and Opportunities in Early Childhood Intervention Research. Journal of Early Intervention, 33(3), 186-200
Fitrianggraeni, S., Avianti, F.N., & Sri Purnama, S. (2023). Redefining Corporate (Social) Responsibility: The Indonesian Perspective in Indonesia.
Gumilar, S., APSARI, N. C., RAHARJO, S. T., & Wibhawa, B. (2018). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Kesehatan Anak Balita (Kasus Pada Csr Pt. Pertamina Tbbm Bandung Group). Share: Social Work Journal, 8(2), 225-234.
Haris, A. M., & Purnomo, E. P. (2016). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Agung Perdana Dalam Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan. Journal of Governance and Public Policy, 3(2), 203-225.
Haddaway, N. R., & Rytwinski, T. (2018). Meta-Analysis is Not an Exact Science: Call for Guidance on Quantitative Synthesis Decisions. Environment International, 114, 357-359
Hakim, D. A. (2016). Urgensi Penerapan Corporate Social Responsibility Sebagai Upaya Menjamin Hak-Hak Tenaga Kerja. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 10(4), 623-646.
Haliwela, N. S. (2011). Tinjauan Hukum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/Csr). Jurnal Sasi Vol, 17(4).
Herlina, Y., Oktavia, D. A., & Elvawati, E. (2014). Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Vizi Utama Mandiri (Vum) Di Jorong Sungai Kunyit, Kab. Solok Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 3(1), 10-17.
Kusuma, M. W. (2018). Corporate Social Responsibility: Concepts and Practices in Indonesia.
Lara, R. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Volume Perdagangan (Studi Pada Perusahaan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Sains Akuntansi Dan Keuangan, 1(3), 180-188.
Lindawati, A. & Puspita, M.E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 1-13.
Mariani, A. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Ptpn Iii Terhadap Penyaluran Dana Corporate Social Responsibility (Csr) Kepada Masyarakat (Study Ptpn Iii Sei Daun Dlab-1 Kec. Torgamba). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum [JIMHUM], 1(4).
Marnelly, T. R. (2012). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teori dan praktek di Indonesia. Jurnal aplikasi bisnis, 2(2), 49-59.
Nalini, S. N. L. (2023). Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) Berbasis Ekonomi Islam: Studi Kasus pada UMKM Pasar Besar Ngawi. (Electronic theses)
Nurjanah, A., & Nurnisya, F. Y. (2019). Pelaksanaan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan komunikasi CSR. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 93-107.
Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik corporate social responsibility (csr) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61-66.
Nurbaiti, S. R., & Bambang, A. N. (2017, October). Faktor–faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). In Proceeding Biology Education Conference (Vol. 14, No. 1, pp. 224-228).
Pranoto, A.R., & Yusuf, D. (2014). Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Pasca Tambang di Desa Sarijaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 18(1), 1-96.
Probosiwi, R. (2016). Tanggung jawab sosial perusahaan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat (corporate social responsibility in public welfare enhancement). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2).
Putra, P. D., Nasir, M., & Rozaini, N. (2018). Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan, pemberdayaan ekonomi, peningkatan sarana dan prasarana serta kesehatan di kota gunung sitoli: implementasi corporate social responsibility (CSR) pt. Pertamina (persero) marketing operating region (mor) i–terminal bahan bakar minyak (tbbm) gunung sitoli. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(3), 776-786.
Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2018). Fungsi corporate social responsibility (CSR) dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Share: Social Work Journal, 8(2), 203-210.
Rahmat, B. Z. (2017). Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 98-113.
Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi komunikasi untuk program corporate social responsibility dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98-105.
Shidiq, A. F., Purnama, F. H., Raharjo, S. T., & Humaedi, S. (2019). Strategi tanggung jawab sosial Starbuck dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 192-201.
Suharyanti, S. (2018). Urgensi Penerapan Corporate Social Responsibility dalam Meningkatkan Komitmen Organisasi Studi Kasus pada Sektor Industri Perbankan Indonesia (Inisial: Ptbank Xyz, Tbk). Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 7(2), 106-130.
Siregar, B. G. (2016). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalampandangan Islam. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 14(2), 135-150.
Siswanto. (2010). Systematic Review sebagai Metode Penelitian untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 13(4), 326-333.
Taufiqurrohman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6217
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.