PENGARUH BEAUTY VLOGGER TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI PRODUK KOSMETIK HALAL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang)

Danang Kusnanto, Asep Maulana, Ina Ratnasari

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dan untuk menemukan pemahaman yang lebih jelas tentang suatu fenomena dan kesimpulan tentang pengaruh variabel beauty vlogger terhadap brand image serta dampaknya terhadap minat beli produk kosmetik halal (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu untuk mengumpulkan, menganalisis, membuat hipotesis, dan menarik kesimpulan, serta memberikan saran. Berdasarkan hasil penelitian, variabel beauty vlogger berpengaruh signifikan terhadap brand image dengan persentase sebesar 47,3%, yang berarti bahwa semakin baik kredibilitas seorang beauty vlogger maka akan mengakibatkan brand image produk yang diulas oleh beauty vlogger semakin tinggi pula.
Variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan persentase sebesar 48,8%, yang berarti bahwa semakin baik brand image suatu produk akan memantabkan penilaian konsumen kosmetik halal terhadap produk dan menaikkan minat beli terhadap produk yang diulas dalam video beauty vlogger. Dari hasil pengujian pada analsisis jalur menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara beauty vlogger terhadap minat beli melalui brand image dengan nilai sebesar 47,9%, yang berarti bahwa semakin baik kredibilitas seorang beauty vlogger maka akan menaikkan brand image produk, serta berdampak pada naiknya minat beli produk kosmetik halal. Hasil penelitian mengarah pada kesimpulan bahwa minat beli dapat dipengaruhi oleh beauty vlogger melalui brand image.
Kata Kunci : Beauty Vlogger, Brand Image, Minat Beli

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dhestantya, Dhea. (2018). Pengaruh Beauty Vlogger Suhay Salim Terhadap Keputusan Pembelian Wardah (Studi Survey pada Mahasiswi FISIP Untirta 2015). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang. Banten.

Durianto, Darmadi. (2004). Brand Ekuity Ten. Mitra Utama : Jakarta .

Hakim, Arif Rachman. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Bimbel Tridaya Bandung. e-proceedingof Applied Science Vol. 3 No. 2 Agustus 2017. Hal. 480-486.

Https://minanews.net/wardah-raih-penghargaan-halal-top-brand-2018-dari-mui/. diakses pada 2 Mei 2018)

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Manajemen, edisi 14. Erlangga: Jakarta.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta: Bandung.

Wardhana, Reza Arif. (2012). Analisis Pengaruh Mutu Produk, Reputasi Merek, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Anti Karat Tuff Kote Dinol (Studi Kasus Pada PT. Sarana Perdana Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Yudrik jahja. (2014). Psikologi Perkembangan. Kencana Prenadamedia Group : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics