Pengaruh Islamicity Performance Index Dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Profitabilitas Dengan Intellectual Capital Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia

Rilsha Rilsha, Eka Nurmalasari, Widia Astuty

Sari


Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji dan menganalisa pengaruh islamicity performance index dan capital adequacy ratio terhadap profitabilitas dengan intellectual capital sebagai variabel moderasi pada bank umu syariah di Indonesia. Penelitian ini mengunakan penelitian asosiatif kuantatif dengan teknik pengumpulan pengumpulan data melalui studi dokumentasi dengan data skunder. Data yang sudah diperoleh mengunakan bantuan SEM partial least Square (PLS). Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Syariah diindonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuagan. Sampel yang di ambil sebanyak 10 bank syariah yang ada di Indonesia. Tahun penelitian diambil pada tahun 2015 sampai dengan 2019. Teknik pengambilan data denngan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini variabel Profit sharing ratio berpengaruh terhadap profitabilitas, Zakat performance, Islamic income ratio dan Capital adequacy ratio tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Intellectual capital berpengaruh terhadap profitabilitas dan dalam pengujuan PLS menunjukan bahwa intellectual capital tidak dapat memoderasi hubungan antara Profit sharing ratio terhadap profitabilitas, intellectual capital tidak dapat memoderasi hubungan antara Zakat performance terhadap profitabilitas , intellectual capital tidak dapat memoderasi hubungan antara slamic income ratio terhadap profitabilitas dan intellectual capital tidak dapat memoderasi hubungan antara Capital adequacy ratio terhadap profitabilitas.


Kata kunci : islamicity performance index, capital adequacy ratio, intellectual capital, Profitabilitas

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


A Juliandi (2018) “Structural equation model based partial least square (SEMPLS): Menggunakan SmartPLS‟, Jurnal Pelatihan SEM-PLS Program Pascasarjana Universitas Batam. ANGGRAINI, A. L. (2019) No Title.

Dewanata, P. (2016) „THE EFFECT OF INTELLECTUAL CAPITAL AND ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TO THE PERFORMANCE OF ISLAMIC BANK IN INDONESIA 2010- 2014 PERIODS‟, 7(2), pp. 259–278.

Dian, Y. et al. (2019) „Pengaruh Intellectual Capital , Efisiensi Operasional , dan Islamicity Performance Index , Terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia‟, 3(1), pp. 38–49.

Hanania, L. (2015) „Faktor Internal dan Eksternal yang MEmpengaruhi Profitabilitas Perbankan Syariah dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang‟, Perbanas Review, 1(November), pp. 151–168.

Ines, A. et al. (2020) „ANALISIS PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DENGAN INTELLECTUAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2014-2018 ) SKRIPSI‟.

Juliandi, A., Irfan and Manurung, S. (2014) Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri, Metodologi Penelitian Bisnis.

Khasanah, A. N. (2016) „Jurnal Nominal / Volume V Nomor 1 / Tahun 2016 Pengaruh Intelektual Capital dan Islamicity Performance Index Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia‟, Jurnal Nominal, V(6), pp. 1–18. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/11473/8328

Kusmargiani, I. S. (2006) „Analisis Efisiensi Operasional Dan Efisiensi Profitabilitas Pada Bank Yang Merger Dan Akuisisi Di Indonesia‟, Universitas Diponegoro.

Maqfirah, S. and Fadhlia, W. (2019) „Pengaruh Modal Intelektual Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2013-2017)‟, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 5(1), pp. 137–148. doi: 10.24815/jimeka.v5i1.15482.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics