Pengaruh Norma Subjektif, Kewajiban Moral Dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Pajak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kpp Makassar Selatan

Nur Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh norma subjektif, kewajiban moral, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang terdaftar pada KPP Pratama Makassar Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling incidental. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Berdasarkan analisis yang telah di lakukan bahwa norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kewajiban moral berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajakan. Sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak..

Key Words: Norma Subjektif, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agustiantono Dwi. 2012. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: (studi empiri WPOP di kabupaten Pati). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Arum, Harjanti P. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas: Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Budiningrum, E. W. 2014. Pengaruh Norma-Norma Sosial Terhadap Kepatuhan Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Dewi, N. P. A.,& Noviari 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Pada Kemauan Mengikuti Tax Amnesty. E-Jurnal Akuntansi, 19 (2), 1378-1405.

Edward. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

https://www.viva.co.id/vstory/kesehatan-vstory/1341223-kondisi-umkm-di-indonesia-selama-pandemi

Juwanti, F. R. 2017. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Norma Sosial, Kepercayaan Pada Pemerintah dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Pada Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar). Skripsi. IAIN Surakarta.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Jatmiko, A.N. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak OrangPribadi di Kota Semarang)

MaryatiEka. 2014. Pengaruh Sanksi Pajak, Motivasi dan Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tanjungpinang.

Mulari, N. K. dan Setiawan, P. E.2010. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama DenpasarTimur

Purnomo, Adi. 2008. ”Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Persepsi Wajib Pajak tentang Sanksi Perpajakan dan Hasrat Membayar Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Gubeng Surabaya)”. Jurusan Akuntansi Universitas Trunojoyo.

Putri. 2016. Pengaruh Pendapatan dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan

Wajib Pajak dalam Membayar PBB dengan Sanksi Sebagai Variabel Moderating. Makassar : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Riswandi. 2014. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Makassar Utara.Makassar : Universitas UIN Alauddin.

Sagita, R.K.W. 2020. Pengaruh Norma Subjektif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Wilayah I Kota Makassar.

Santi, A. N. 2012. Analisis Pengaruh kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda, dan Sikap Fiskus Terhadap kepatuhan Wajib Pajak

Statistik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 2010-201. Bagian Data-Biro Perencanaan.

Sudirman, S. R., Lannai, D., & Hajering, H. (2020). PENGARUH NORMA SUBJEKTIF, KEWAJIBAN MORAL DAN PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KPP PRATAMA MAKASSAR UTARA. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(2), 164-190.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani Lilis. 2017. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Niat Memenuhi Pajak Sebagai Variabel Pemoderasi.

Listiyowati, L., Indarti, I., Wijayanti, F., & Setiawan, F. A. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Indonesia, 10(1), 41-59..




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics