Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kelengkapan Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotekku di Tabanan

Ni Luh Putu Indiani

Sari


Saat ini persaingan antar pasar industri farmasi semakin kompetitif sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk menciptakan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen pada Apotekku di Tabanan. Populasi penelitian ini adalah konsumen Apotekku di Tabanan, jumlah sampel valid yang diperoleh sebanyak 105 orang. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kualitas pelayanan, persepsi harga dan kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, Apotekku perlu meningkatkan kualitas pelayan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, meningkatkan kepekaan karyawan akan kebutuhan konsumen, meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan serta meningkatkan kesigapan karyawan dalam membantu konsumen mendapatkan apa yang dibutuhkan. Pada aspek harga, Apotekku perlu memastikan keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat. Pada aspek harga, Apotekku perlu menyediakan berbagai jenis merek atau tipe produk, dan memastikan tersedia pilihan produk dengan berbagai tingkatan kualitas.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andika, R., Kusnadi, E., & Wiryaningtyas, D. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Sembako Barokah Dibesuki Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(4), 692–712.

Arifki, A. F., & Nurtjahjani, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfabeth Store Pasuruan . Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 281–285.

Ariyandi, R., Dahmiri, & Sari, N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi Gojek di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(3), 131–140.

Avila, A., & Boavida, J. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Banco Nacional Comercio Timor Leste (Bnctl). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(9), 3235–3258.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, H. (2018). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.

Donnyanggoro, K. Y., & Secapramana, L. V. H. (2021). Pengaruh Service Convenience Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Vendor A. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 11(2), 90–100. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/administrasimanajemen/index

Efendi, W. D. (2018). Pengaruh Variasi Produk, Kemasan Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Campina Di Mini Market Wilayah Kota Kediri. Universitas Nusantara PGRI.

Efnita, T. (2017). Effect Of Variation Of Products, The Service Quality, Price And Location On Customer Satisfaction Wedding Organizer. Jurnal AdBispreneur, 2(2), 107–115.

Eriyanti, H., & Kusmadeni, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Di Pangkalpinang. JEM: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang , 7(1), 1–14.

Fajrin, S. N., & Harahap, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Kelengkapan Produk dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Togamas Supratman Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2), 1325–1330. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4469

Farida, N., Aji, S., & Musthofa, A. J. (2021). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Di Toko Kautsar Lowayu Dukun Gresik. JEKK – (Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif), 6(1), 63–80.

Gani, A., & Hillebrandes Oroh, A. N. (2021a). The Effect of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction at Loki Store. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v5i5.8803

Gani, A., & Hillebrandes Oroh, A. N. (2021b). The Effect of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction at Loki Store. KnE Social Sciences, 2021, 116–128. https://doi.org/10.18502/kss.v5i5.8803

Groover, M. (2017). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process, and systems. John Wiley & Sons, Inc.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456–463.

Hair, et al. (2010). Multivariate Data Analysis. Pearson Prentice Hall.

Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2021). Peranan Strategi Bauran Pemasaran Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).

Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. Journal WIDYA Ekonomika, 1(1), 64–74.

Hasugian, B. S., & Sari, A. W. (2023). The Impact Of Price Perception, Sales Promotion, Customer Satisfaction Of Millennial Cheese Rolling Children. Dharmawangsa: International Journals of The Social Science, Education and Humanities., 4(2), 1–23.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Isfahila, A., Fatimah, F., & Eko, W. (2018). Pengaruh Harga, Desain, Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), 8(2), 211–227.

Jacobus, T. S. W., Lumanauw, B., & Ch. Kawet, R. (2022). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Freshmart Superstore Bahu Manado Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 10(4), 95–105.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketting Management. Prentice Hall Internasional .

Lustono, L., Setijadi, S., & Ariyanto, A. (2022a). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ahass Shinta Motor Banjarnegara. MEDIKONIS: Jurnal Media Komunikasi Dan Bisnis, 13(2), 30–43.

Lustono, Setijadi, & Ariyanto. (2022b). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ahass Shinta Motor Banjarnegara. MEDIKONIS: Jurnal Media Komunikasi Dan Bisnis, 13(2), 30–43. https://tambara.e-journal.id/medikonis/index

Mahmudin. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan qudwah mart di lebak. Islamic Economics and Business Studies, 5(1), 41.

Mourboy, Aritonang, & Putriana, L. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Apotek (Studi Kasus Apotek Citra 1 Dan Apotek Holong). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7), 9471–9491.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2018). Perilaku Konsumen . Erlangga .

Mufidah, W. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Tugu Gede Mayong. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 2(3), 1–9.

Nurbait, A. M. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen . Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan , 19(1), 3112–3114.

Nurbait, A. marlina. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(1), 3112–3114. https://doi.org/10.33061/jeku.v19i1.7674

Nurjamilah, S. F., Romadon, A. S., & Putri, S. E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada “Kopima Aja.” Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 453–469.

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 244–256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556

Puspika, Y., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT Tanindo Plastik Batam. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 905–914. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3934

Roselina, M. A., & Niati, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. Majalah Ilmiah Solusi, 17(3), 221–234.

Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401.

Sanjaya, P. K. A., Wimba, I. G. A., & Premayani, N. W. W. (2020). Determinants Influencing Customer Loyalty To An Indonesian Online Shop Shopee: A Case Study In Denpasar City, Bali. Solid State Technology, 63(5), 4713–4722.

Siahaan, R., Pasaribu, R., H. Tambunan, B., & M. Sitorus, Y. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Unknown Cash (Uc) Dalam Games Player Unknown Battle Ground (Pubg) Mobile Di Medan Baru. JEB Online: Journal Of Economics and Business, 3(1), 47–59.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta .

Suhendi, R. M., & Sari, D. R. J. (2022). Pengaruh Price Discount Dan E-Marketing Terhadap Impulse Buying Behavior (Suatu Studi Pada Konsumen Eiger Adventure Store Ciamis). Jurnal Media Teknologi, 9(1), 81–87.

Susanto, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Foto Copy Dwiyan Di Sampit. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(2), 58–67.

Syahsudarmi, S. (2022). The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: A Case Study. International Journal of Indonesian Business Review, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.54099/ijibr.v1i1.2

Thiodorus, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Online Shop Shopee (Study Kasus Karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri Pada Penggunaan Aplikasi Shopee). EMABI: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 110–121. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Wahyuni, E. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Promosi Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Mineral Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 5(4), 77–82.

Wijayasari, N., & Mahfudz. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk Di Kabupaten Pekalongan. Diponegoro Journal Of Management, 7(2), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6320

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics