Analisis Kualitas Komunikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Pemirsa di TVRI Sulawesi Utara

Agnestia MZ Padita, Abdulrahma Dilapanga, Thelma Wawointama

Sari


Berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan seluruh orang di belahan bumi ini merasa haus akan informasi. Salah satu media massa yang dinilai mampu memberikan informasi kepada masyarakat secara luas yaitu media televisi. Untuk meningkatkan kepuasan pemirsa terhadap penyiaran berita TVRI Sulawesi Utara, maka dibutuhkan seorang penyiar berita yang dinilai memiliki kualitas dan kemampuan sesuai kebutuhan. Disisi lain, kepuasan pemirsa juga dinilai dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kualitas komunikasi dan motivasi kerja. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi dan motivasi kerja secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pemirsa TVRI Sulawesi Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini termasuk dalam jenis kuantitatif. Selain itu, penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 124 dan sampel sebanyak 55 responden yang diperoleh melalui teknik random sampling. Untuk uji analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial kualitas komunikasi dan motivasi kerja penyiar berita berpengaruh terhadap kepuasan pemirsa TVRI Sulawesi Utara. Begitu pula pada uji simultan yang menunjukkan bahwa kualitas komunikasi dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemirsa di TVRI Sulawesi Utara.
Kata Kunci: Penyiar Berita, Kualitas Komunikasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Masyarakat.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ardianto, E. L. (2017t). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. (Edisi Revisi). Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Baksin, A. (2006). Jurnalistik Teleisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa.

Effendy, O. U. (1993). Televisi Siaran Teori dan Praktek. Bandung: PT. Citra Adutya Bakti.

Fadillah, B. H. (2013). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Produksi Bagian Jamur Tradisional Unit Kaligawe PT. Njonja Meneer Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-9.

Fahima, I. B. (2005). Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja dan Alat Pengendali Sistem Manajemen Strategis. Majalah Ilmiah UNIKOM.

Hoyyima, K. (2018). Cara Mudah Menjadi Presenter TV & Radio. Yogyakarta: DIVA Press.

Kotler, P. &. (2016). Marketing Management (15 th ed.). New York: Pearson Education Limited.

Kurnia, M. &. (2018). Kepuasan Konsumen: Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Economic, Business, Management and Accounting Journal, 15(1), 112.

Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahman, A. (2016). Teknik & Etik Profesi TV Presenter. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Setiawan, C. (2019). Penerapan Servicescape pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Bengkulu. Skripsi, 1-68.

Wahyudi, T. &. (2013). Hubungan Knowledge dan Persception Gap Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap RS Semen Gresik. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(4), 319-327.

West, R. &. (2013). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6330

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics