Strategi Pemasaran Perumahan Nusa Harapan Permai Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pt. Dayaprima Nusawisesa Di Makassar

Hermawaty Remba Kasim, Rifqi Nurwahyudi, Nafya Ramadani Sanaky

Sari


Tujuan penelitian (1) mengetahui strategi pemasaran perumahan NHP dalam meningkatkan minat beli konsumen pada PT Dayaprima Nusawisesa di Makassar, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran perumahan NHP dalam meningkatkan minat beli konsumen pada PT Dayaprima Nusawisesa di Makassar. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang menilai berdasarkan logika dan dianalisis dengan cara menilai kalimat tentang karakteristik yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PT Dayaprima Nusawisesa di Makassar melakukan strategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen pada perumahan Nusa Harapan Permai. Strategi pemasaran tersebut menggunakan 4(empat) bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi, lokasi. (2) Faktor pendukung adalah memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik kepada konsumen yang tinggal di perumahan Nusa Harapan Permai, sedangkan faktor penghambat adalah sulitnya melakukan transaksi dan administrasi bagi konsumen yang berada diluar daerah, keterbatasan penghasilan menjadi hambatan bagi konsumen melakukan pembelian.

Kata Kunci: Strategi, pemasaran, dan minat beli

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


AFC Indah. 2017. Pengertian Lokasi Menurut Para Ahli. Diakses 19 September 2021 Pukul 14.11 WITA melalui http://repository.unimus.ac.id/806/3/BAB%20II%20.pdf.

Al-Qur’an Surah Al-Jumu’ah Ayat (11)

Amirulllah, S.E, M.M. 2015. Manajemen Strategi, Teori, Konsep, Kinerja. Edisi Pertama. Malang: Mitra Wacana Media.

Arianto, Nurmin. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Nirwana Gemilang Property ”. Jurnal Disrupsi Bisnis. No.02.

Assaurid, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, Dian.P. 2018. Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Studi Kasus Pada Pedang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur. IAIN Metro. Lampung.

Astuti, Dian.P. 2018. Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Studi Kasus Pada Pedang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur. IAIN Metro. Lampung.

Atmoko, Hadi T. Prasetyo. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta, (Online), Vol. 1, No.2,(https://ejournal.upi.edu/index.php/Jithor/article/view/13769/8072, diakses 25 April 2021).

Deava Teknik. 2014. Fungsi dan Tugas Pelaksana Pembangunan Kontraktor. Diakses 1 Oktober 2021 Pukul 11.29 WITA melalui http://bukuklik.blogspot.com/2014/08/apa-tugas-kepala-pelaksana-pembangunan.html?m=1

Fu’ad, Eko Nur. 2015. Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/kecil di komplek Shopping Center Jepara. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen, (Online), Vol. 30, No. 1, (http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/234/297, diakses 18 Sebtember 2021).

Guna, Rahmad Gangsar Adi, 2020. Strategi Pemasaran Para Pedagang Kecil Dalam Meningkatkan Minat Beli Komsumen Pasca Relokasi Pasar Induk di Tejo Agung 24 Kota Metro. Lampung.

Hadis (HR. Tirmdzi, Kitab Al-Buyu’ Bab Ma Ja-a Fit Tijaroti no. 1130)

Hartono, Hendry. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jakarta.

Hutama, Christanto Leona. 2014. Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Behavioral Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening, (online), vol. 2, No. 1, (http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/2027, diakses 8 April 2021)

Karnelis. 2017. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen. No. 1.

Kottler, Philip dan Keller, Kevin. 2016. Marketing Management 13th Edition. New Jersey: Prentice Hall Published.

Mamentu, V.Stacy et al. 2018. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Berdasarkan Posisi Siklus Hidup Produk Smartphone Samsung di Kota Manado, (Online). Vol. 7, No.1 (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/21119, diakses 8 April 2021).

Marlia, Riyen. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Swalayan Surya Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Lampung.

Moleong, J, Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Cet. 31. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nainggolan, Nora Pitri. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam, (Online) Vol. 19, No. 1. (http://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1772, diakses 30 Juni 2021).

NST, Muhammad, Fakhru, Rizky. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat belii Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sea Mencirim Medan.

Nugrahani, Farida 2014.Buku Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surabaya.

Pamungkas, Enfanta. 2018. Planning Of Marketing On Housing At PT. Djojo Binangun Mashyur Jember Jember.

Pramana, Selvua Adila.2019. Strategi Pemasaran Kripik Apel di UKM Ramayana Agro Mandiri,bumiaji,batu, Malang. Malang: Universitas Muhammadiah Malang.

Rahmat, Reny Mualidia. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Makassar: Universitas Hasanuddin.

Santoso, urip. 2014. Hukum Perumahan. Edisi Pertama, Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya: Penerbit Kencana.

Satria, Arief, Adi. 2017. Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Surabaya: Univ: Ciputra Surabaya.

Setiyaningrum, Ari. 2015 . Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiarto, Eko. 2015. Buku Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta.

Suleman, Maryam. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Nasabah Mengajukan Pinjaman Dana pada PT. BPR Paro Dana. Jurnal Ekonomi Syariah, (Online), Vol. 1, No. 1, (https://www.e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/mutawazin/article/view/145/117. Diakses 24 Agustus 2021).

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management : Mewujudkan Layanan Prima, Edisi dua, Yogyakarta: Penerbit Andi.

----------------------. (2015). Strategi Pemasaran Edisi ke 4, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Untari, Shinta nurafni. 2017. strategi pemasaran mobil merek Daihatsu pada dealer Daihatsu jember. Jember: Univ Jember

Wibowo, Dimas, Hendika. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM”. Jurnal Administrasi Bisnis. No.1.

Wulandari C. 2020. Pengertian Promosi Menurut Para Ahli. Diakses 19 September 2021 Pukul 14.20 WITA melalui http://repository.unpas.ac.id/47568/3/BAB%20II%20.pdf.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6342

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics