Strategi Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Coffee Shop Soloraya (Studi Kasus Coffee Janji Jiwa)

Anggita Anggita Sukmawati, Trio Handoko, Achmad Choerudin

Sari


Saat ini persaingan antar coffee shop semakin pesat sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk menciptakan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup penikmat kopi, kualitas pelayanan, dan nilai yang dirasakan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Janji Jiwa Soloraya. Populasi penelitian ini adalah konsumen Coffee Janji Jiwa seluruh Soloraya (Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sragen, Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali, dengan jumlah sampel valid yang diperoleh sebanyak 96 responden. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa gaya hidup penikmat kopi, kualitas pelayanan, dan nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk meningkatkan keputusan pembelian, Coffe Janji Jiwa perlu meningakatkan gaya hidup penikmat kopi dengan memperbaiki kemasan agar tampak elegan dan menar ik serta memberikan promo atau diskon. Pada kualitas pelayanan Coffee Janji Jiwa perlu menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, meningkatkan kepekaan terhadap karyawan, meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan serta meningkatkan kesigapan karyawan dalam membantu konsumen mendapatkan apa yang dibutuhkan. Dalam nilai yang dirasakan Coffee Janji Jiwa perlu dalam meningkatkan dalam informasi produk dan jasa, manfaat produk, karena konsumen akan memberikan penilaian konsumen secara keseluruhan sebagai bahan evaluasi.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adriana, F., Zainuddin, M. Z., HM, S., & Utha, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Salon Bunda Rida. Sultra Journal of Economic and Business, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss1.231

Alam, J. (2023). 1) 1,2). 8(2), 387–406.

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(01), 94–99. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11

Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2432

Bilal, M., Zhang, Y., Cai, S., Akram, U., & Luu, N. T. M. (2023). Unlocking luxury purchase intentions in China: A study of consumer attitude, perceived value, and the moderating effect of perceived enjoyment. Acta Psychologica, 240(June), 104048. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.104048

Budiharja, R. &. (2016). Pengertian Kualitas Pelayanan. Riyono & Budiharja, 10(1), 232.

Dewantara, I. H. (2013). Pengaruh perceived value terhadap keputusan pembelian emas 22% di Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo (studi pada toko pusaka mas). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1), 1–11. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/issue/view/12

Ferdinandus, L., & Gomies, S. J. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai yang dirasakan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Intensitas Pembelian. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 2(1), 122–141. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v2.i1.p122-141

Fitria, E. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Kuallitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecobisma, 5(1), 1–14.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9 (9th ed.). Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda.

ThaqÃfiyyÃT, 13(1), 188–204.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Laukkanen, M., & Tura, N. (2022). Sustainable value propositions and customer perceived value: Clothing library case. Journal of Cleaner Production, 378(August), 134321. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.134321

Lutfi Yulisa, Yaktiworo Indriani, S. S. (2015). Artikel PERILAKU KONSUM SI KOPI SEBAGAI BUDAYA M ASYARAKAT KONSUM SI. 4(April), 60–74.

Man, D. B. Y. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Syar’I. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Muangsal. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247

Mursani, J. E., & Hartono, S. (2022). ... Intention Ditinjau Dari Store Atmosphere, Lifestyle Dan Product Variety (Studi Kasus Pada Coffee Shop Heika Kopi Surakarta). Manajemen Bisnis Syariah, 15, 48–58. http://www.journal.uniba.ac.id/index.php/MBS/article/view/609%0Ahttps://www.journ al.uniba.ac.id/index.php/MBS/article/download/609/391

Nugroho J Setiadi. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif kontemporer pada motif, tujuan dan keinginan konsumen (revisi). Kencana Prenada Media, Jakarta.

Oktrichaendy, F. O., Pradhanawati, A., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Lost In Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 452–460. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34971

Paendong, M., & Tielung, M. V. J. (2016). Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 387–395.

Ridha, M., & Adam, M. (2018). Muhammad Ridha , Muhammad Adam 1). 3(2), 62–74. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/7118

Selvi, S., & Ningrum, L. (2020). Gaya Hidup Minum Kopi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Kenangan Gandaria City - Jakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(01), 23–30. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i01.15

Sirdeshmukh, D. (2002). Consumer Trust, Value, and Loyalty in Relational Exchanges. The Journal of Marketing, 66.

Sitepu, J. H., Khair, H., & Pasaribu, F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian” (Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 200–214. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.622

Sugiarto, E. (1999). Psikologi pelayanan dalam industri jasa (Cet. 2). Jakarta Gramedia Pustaka Utama , 1999.

Wibowo, M. F. R., & Rusminah, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Shop Komunal. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 119–136. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.155

Widjaja, Y. R., & Nugraha, I. (2016). Loyalitas Merek Sebagai Dampak Dari Kepuasan Konsumen. Ikonomika : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 1–13. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ikonomika/article/view/138

Woodruff, R. . (1997). Customer value: The next source for competitive advantage(Article). Journal of the Academy of Marketing Science, 25(2), 139–153.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6370

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics