Pengaruh Penggunaan Media Sosial Shopee, Referensi Rekan Kerja, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Guru Sman 2 Rantau Utara

Gandi Naek Petromak Sinaga, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Yuniman Zebua

Sari


Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk menguraikan dan menguji secara parsial dan simultan pengaruh penggunaan media sosial Shopee, referensi rekan kerja, gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada guru di SMAN 2 Rantau Utara. Penelitian ini melibatkan 47 guru aktif di SMAN 2 Rantau Utara. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial Shopee, referensi rekan kerja, dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian para guru di SMAN 2 Rantau Utara, baik secara parsial maupun simultan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dafa, M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Pakaian Melalui E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Fisip Uin Syarif Hidayatullah …. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71752

Dewi, K. H. (2023). Perilaku Dan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Niat Bertransaksi Secara Online Di Shopee. EKBIS (Ekonomi & Bisnis), 11(1), 70–77. https://doi.org/10.56689/ekbis.v11i1.1038

Ervina, G., Simanjorang, E. F., Asyiah Siregar, N., & Naskah, H. (2024). Effects of Cashback, Flash Sale, and Free Shipping on Impulsive Buying at Shopee Marketplace: Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.37567/ALWATZIKHOEBILLAH.V10I1.2251

Faadhilah, F. N. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea di Surabaya) | Jurnal Ilmu Manajemen (JIM). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25224

Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619–630. https://doi.org/10.32639/JIMMBA.V2I4.616

Pinasti, K. E. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Media Sosial Terhadap Loytalitas Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Pada Siswa Sma Negeri Wonosobo. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Rahmadika, N. A., & Kristianingsih, T. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JEANS LEVI’S (Studi Pada Mahasiswa aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018).

Saputri, D. A., & Setyawati, H. A. (2020). Analisis Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Reference Group, Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 788–801. https://doi.org/10.32639/JIMMBA.V2I5.621

Saputri, D. A., Setyawati, H. A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bangsa, P. (2020). Analisis Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Reference Group, Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy (Studi pada Mahasiswi STIE Putra Bangsa Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(4), 2020. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Saragih, E. I. R., Simanjorang, E. F. S., & Zebua, Y. (2023). The Influence of Interpersonal Skills, Salesmanship Skills, and Work Environment on Medical Representative Performance. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(3), 431–439. https://doi.org/10.36555/ALMANA.V7I3.2168

Sari, W. E. P., & Suci, N. M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 129–134. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.37170

Simanjorang, E. F. S. (2020). Analisis Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Prudential Life Assurance Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(2), 168–175. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/article/view/2165

Simanjorang, E. F. S., Zebua, Y., Broto, B. E., Nasution, M. F., & Watrianthos, R. (2019). The implications of theory of planned behavior (TPB) on the student online business intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(4), 180–183.

Social Media Statistics & Facts | Statista. (2022). https://www.statista.com/topics/1164/social-networks/#topicOverview

Syahfitri, M., Simanjorang, E. F. S., & Al-Ihsan, M. A. (2023). Comparative Analysis of Public Perception of Intention to Buy in Online Marketing and Offline Marketing (Study at Naqi Collection Ajamu Store). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(3), 2809–2824. https://doi.org/10.31538/IIJSE.V6I3.3402

Tanjung, S., Florentina, E., Simanjorang, S., & Limbong, C. H. (2023). The Influence of Price, Product Quality, And Security on Consumer Buying Interest in Online Shopee Shopping (Study on Labuhanbatu University Students’ Management Study Program). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(3), 3427–3440. https://doi.org/10.31538/IIJSE.V6I3.3898

Wandanaya, A. B. (Anita). (2012). Pengaruh Pemasaran Online terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174–185. https://www.neliti.com/id/publications/296182/




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics