Strategi Pemasaran Salad Buah Dan Zozu Buah Agades.Id Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Masyarakat Kota Rantau Prapat

Putri Ayu Nurzannah, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Mulkan Ritonga

Sari


Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran menjadi kunci utama dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk salad buah dan zozu buah serta dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara mendalam dengan konsumen yang menggunakan produk Salad Buah dan Zozu Buah. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Agades.id selaku produsen produk Salad Buah dan Zozu Buah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Faktor-faktor seperti branding Agades.id, kualitas buah pilihan, pengemasan, harga yang bersaing, promosi media sosial, dan pilihan distribusi produk yang langsung atau memakai tenaga kurir memainkan peran penting dalam membentuk persepsi baik konsumen terhadap kedua produk tersebut. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi produsen dalam merancang strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan pangsa pasar mereka. Studi ini juga mengidentifikasi beberapa rekomendasi bagi Agades.id untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran Salad Buah dan Zozu Buah mereka, termasuk peningkatan visibilitas merek, diferensiasi produk, dan penyesuaian harga yang lebih baik dengan nilai yang diberikan kepada konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memahami preferensi dan perilaku konsumen serta menyesuaikan strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alfanni, D. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Salad Buah Oishiii Di Desa Sei Semayang. Universitas Medan Area.

Andespa, R., Wisanggara, R., Rasyad, F. H. S., & ADIF, R. M. (2019). Pengaruh People, Process, dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 57–67.

Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98–107.

Bhegawati, D. A. S., Sukarnasih, D. M., & Pramita, D. A. K. (2023). Bisnis Produk Salad Buah “Loesty Kitchen” Sebagai Snack Alternatif Sejak Masa Pandemi Covid-19. SEMAR: Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 30–34.

Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., & Helvi, B. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 202–216.

Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Junita, J., Nasution, A. P., & Simanjorang, E. F. S. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Brand Preference Terhadap Tingkat Penjualan Pada Toko Bintang Terang Motor Rantauprapat. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 1–8.

Krisdianto, K. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada PT. Sari Jaya Kharisma Abadi di Jombang. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 3(1), 59–73.

Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1).

MAULANA, T. R. I. S. (2021). PERANAN MEDIA SOSIAL PADA PENJUALAN USAHA SALADBUAH RC PADA MASA COVID 19 DI PEKANBARU DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

MUHAMMAD, W. W. (2023). TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM BAGI HASIL ANTARA PEMILIK MODAL DENGAN PENGELOLA USAHA SALAD BUAH (Studi pada Salad Buah Cherry Kampung Pakis Kawat Kelurahan Enggal Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Nazaruddin, I., Mahmud, R., Umara, Y., Heni, N. I., & Dewani, D. W. (2021). Pelatihan Pembuatan Salad Buah Keju Sebagai Program Usaha Ekonomi Masyarakat Menengah ke Bawah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 329–333.

Noer, Z., & Ilvira, R. F. (2023). Persepsi Komsumen Dalam Keputusan Pembelian Salad Buah Melalui Food Delivery E-commerce Nayo Salad Kota Medan. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(4), 1487–1495.

Nugraha, M. Y. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Saladnyokito di Kota Palembang. Proceedings of International Seminar on Social, Humanities, and Malay Islamic Civilization, 9(1), 769–784.

Nugraini, L. P. (2021). Implementasi Delivery Order Dan Digital Payment Dalam Peningkatan Volume Penjualan Pada Usaha Kuliner Seli Salad Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

Nurdiana, Pristiyono, & Ritonga, M. (2023). Analisis Pemasaran Interaktive Dalam Menarik Minat Konsumen Berbelanja Online Dan Kepuasan Berbelanja. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4). https://journal.fkpt.org/index.php/jtear/article/view/599/378

Patty, L. A. (2021). Analisis Menu Makanan Sehat di Restaurant Saladbar by Hadikitchen di Mall Kelapa Gading. Jurnal Pariwisata Indonesia, 17(2), 31–43.

Prasetya, W., Eko Broto, B., Florentina, E., & Simanjorang, S. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Cita Rasa, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Produk Minuman Boba Di Rantauprapat. Jurnal Mirai Management, 8(3). https://doi.org/10.37531/MIRAI.V8I3.6155

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 150–160.

Riana, A. (2020). EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI SALAD BUAH (Studi Pada “Salad Nyoo” Via Instagram).

Ritonga, M., & Muti’ah, R. (2023). Analisis Experiential Marketing, Kepercayaan Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cat Jotun pada CV. Asia Maju Rantauprapat. Mutiara, 1(1). https://jurnal.tiga-mutiara.com/index.php/jimi/article/view/31/25

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. KBM Indonesia.

Setiani, R., Lestari, R. D., & Sydiq, R. N. (2023). Persepsi dan Minat Masyarakat Terhadap Konsumsi Salad Buah Public Perception and Interest in Fruit Salad Consumption. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 3(1), 621–628.

Setiyani, R., Lestari, R. D., & Sydiq, R. N. (2023). Persepsi dan Minat Masyarakat Terhadap Konsumsi Salad Buah Public Perception and Interest in Fruit Salad Consumption. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 3(1), 621–628.

Simanjorang, E. F. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop on Mada Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91–101.

Simanjorang, E. F. S., & Chindi, C. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UMKM (STUDI PADA TOKO PERABOT ALUMANIUM “SAS” RANTAUPRAPAT). Jurnal Manajemen Akuntasi, 2(1), 102 = 115.

Simanjorang, E. F. S., Zebua, Y., Broto, B. E., Nasution, M. F., & Watrianthos, R. (2019). The implications of theory of planned behavior (TPB) on the student online business intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(4), 180–183.

Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6425

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics