Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pakaian Gamis Pada Usaha Konveksi Rumahan Ladish Collection Di Kecamatan IV Angkek

Almasdi Almasdi, Diah Permata, Sri Kemala

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap penjualan pakaian gamis pada usaha konveksi rumahan Ladish Collection di Kecamatan IV Angkek. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen yang pernah membeli pakaian gamis di konveksi rumahan Ladish Collection sebanyak 70 orang responden. Pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, tempat, dan promosi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pakaian gamis pada usaha konveksi rumahan Ladish Collection di Kecamatan IV Angkek. Sedangkan harga secara parsial memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap penjualan pakaian gamis pada usaha konveksi rumahan Ladish Collection di Kecamatan IV Angkek. Secara simultan, seluruh bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pakaian gamis pada usaha konveksi rumahan Ladish Collection di Kecamatan IV Angkek. Variabel yang paling besar mempengaruhi penjualan adalah tempat. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa dari keempat variabel bauran pemasaran yang digunakan memberikan 25,9% pengaruh terhadap penjualan, sisanya sebesar 74,1% dipengarui oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Penjualan, Produk, Harga, tempat, Promosi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dunan, H., Antoni, M. R., Jayasinga, H. I., & Redaputri, A. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, 17(2), 167– 185.

Garaika, & Damanah. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung Selatan: CV. Hira Tech.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayanti, T.,Hilal, N. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep) (Hartini, Ed.). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Irham, M. M., Riyanto, & Nugraha, A. E. P. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 di Toko Niya Jaya Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Jurnal Spirit Edukasia, 1(1), 25–30.

Kemala, S., Permata, D., Supriyanita, R., & Mardiati, L. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Songket Pada Studio Songket Palantaloom Kecamatan IV Angkek. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(3), 996-1007.

Kemala, S., Nengsih, Y. R., Indriani, J. D., & Fauzan, R. (2023). Pengaruh Online Travel Agent dan Gaya Hidup Terhadap Minat Konsumen Membeli Tiket Secara Online di Kota Payakumbuh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(2), 441-449.

Kurniawan, D., & Sulistyawati, L. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan (Studi Pada Toko Pakaian Bekas Remaja). Jurnal Bisnis Indonesia, 11(2), 23–31.

N.Rizeki, D. (2022). Fluktuasi adalah naik turunnya harga. apa maksudnya? Diakses pada 1 Februari 2023, dari https://majoo.id/solusi/detail/fluktuasi- adalah.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–12.

Nurfitriyenny. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Penjualan Motor Bekas pada Dealer Syaf Motor di Bukittinggi. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 3(02), 193–202.

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar.

Rifani. (2016). Apa itu konveksi? Apa bedanya dengan penjahit biasa dan garmen. Diaksespada 15 Oktober 2022, dari https://www.abyadscreenprinting.com/apa-itu-konveksi-apa-bedanya- dengan-penjahit-biasa-dan-garmen/.

Rohandi, Arfah, A., Semmaila, B., & Arifin. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Produk. Jurnal Mirai Management, 7(3), 576–588.

Rosa, Y. Del, & Abdilla, M. (2019). Peluang Bisnis Usaha Konveksi Pakaian Di Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam. Menara Ekonomi, 5(1), 93–102. Satriadi, Wanawir,

Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran (M. Suhardi, Ed.). Yogyakarta: Samudra Biru.

Sibuaton. (2019). Baju Gamis dan Jenis-Jenisnya. Diakses pada 12 Juni 2022, dari https://zorgmarkt.net/baju-gamis/

Swastha, B. (2008). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (CV Budi Utama).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics