Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mitra Dalam Pemasaran Pupuk Organik Sitio Sahabat Tani Rantauprapat

Sri Fadillah, Pristiyono Pristiyono, Zufrie Zufrie

Sari


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terhadap kepuasan mitra, menjelaskan relationship marketing terhadap kepuasan mitra serta menjelaskan kepercayaan terhadap kepuasan mitra. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. kemudian menggunakan analisis metode penyebaran angket dengan google form yang sebelumnya sudah dilakukan observasi secara langsung di CV Sitio Sahabat Tani Rantauprapat dengan pengambilan sampel sebesar 100 responden penentuan sampel ini di ambil menggunakan metode formuls Lemesshow. Setelah itu pengukuran hasil dilakukan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang sudah di sebar dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Model (SEM) dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Komunikasi pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan mitra. (2) Relationship marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan mitra. Dan (3) Kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan mitra. dan dapat dinyatakan bahwa setiap variabel dan indikator yang di analisis pada penelitian ini berhasil positif dan signifikan terhadap kepuasan mitra di CV. Sitio Sahabat Tani Rantauprapat.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afandi, A., Fadhillah, A., & Sari, D. P. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Pengaruh Persepsi Kegunaan , Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan E-Wallet Denga Sikap Sebagai Variabel Intervening. INNOVATIVE, 1, 568–577.

Ansori, P. B. (2022). The Effect of Relationship Marketing on Customer Loyalty. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.54099/aijms.v1i1.209

Ariyani, A., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 23.

Atmaja, P. D., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Relationship Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome pada PT. Telkom Datel Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 258. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i2.28826

Azhar, M. E., Nurdin, D. U., & Siswadi, Y. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 46–60. https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.422

Betty. (2023). PERAN RELATIONSHIP MARKETING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN PADA PT. BANK PANIN TBK PEKANBARU. JURNAL ECONOMICA, XI(1).

Cano, J. A., Londoño-Pineda, A. A., Campo, E. A., & Fernández, S. A. (2023). Sustainable business models of e-marketplaces: An analysis from the consumer perspective. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100121

Hänninen, N., & Karjaluoto, H. (2017). The effect of marketing communication on business relationship loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 35(4), 458–472. https://doi.org/10.1108/MIP-01-2016-0006

Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18

Khoa, B. T. (2020). The antecedents of relationship marketing and customer loyalty: A case of the designed fashion product. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 195–204. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no2.195

Kunaraj, A. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TURRIMA AGRO MASS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Journal of Engineering Research.

Liu, M., Xu, J., Li, S., & Wei, M. (2023). Engaging customers with online restaurant community through mutual disclosure amid the COVID-19 pandemic: The roles of customer trust and swift guanxi. Journal of Hospitality and Tourism Management, 56(March), 124–134. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2023.06.019

Lubis, M. R., Nuraflah, C. A., & Luthfi, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Pada Pt. Nipsea Paint and Chemicals Medan. Network Media, 5(2), 125–139. https://doi.org/10.46576/jnm.v5i2.2259

Majeed, M., Asare, C., Fatawu, A., & Abubakari, A. (2022). An analysis of the effects of customer satisfaction and engagement on social media on repurchase intention in the hospitality industry. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2028331

Mamuaya, N. C. (2023). PERAN KEPUASAN NASABAH DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntans, 2(1), 171–178.

Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628

Nasrulhak Akkas. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa PT . Mandala Multi Finance Tbk . Cabang Palu Analysis of Integrated Marketing Communications on Consumer Satisfaction Using the Services of PT . Mandala Multi. Jks, 6(8), 1061–1067. https://doi.org/10.56338/jks.v6i8.4016

Nuraeni, Rasyid, R., Ilsan, M., & Afdalia, N. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi Beras Merah (OrizaNivara) Terhadap Pola Kemitraan Di Kabupaten Bulukumba. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 615–626. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2511

Nurmala Kumarasari Pasaribu. (2022). (EKSYA) Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Madina 11 ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MITRA BISNIS PADA PT. JAMINAN PEMBIAYAAN ASKRINDO SYARIAH CABANG MEDAN. (EKSYA) Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Madina 11 ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MITRA BISNIS PADA PT. JAMINAN PEMBIAYAAN ASKRINDO SYARIAH CABANG MEDAN, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Nursiva, R. T. (2021). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY ON MEMBER SATISFACTION MEDIATED BY COOPERATIVE IMAGE Rizka Tiara Nursiva 1. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI, PERKANTORAN DAN AKUNTANSI, 2663.

Nuviana, W., Noor, M., & B, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Uptd. Puskesmas Lempake. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1621–1634.

Pfajfar, G., Shoham, A., Małecka, A., & Zalaznik, M. (2022). Value of corporate social responsibility for multiple stakeholders and social impact – Relationship marketing perspective. Journal of Business Research, 143(December 2020), 46–61. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.01.051

Prathama, F. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Agora, 7(1).

Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268

Putri, S. Y., Meria, L., & Amroni. (2023). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Di Mediasi Oleh Minat Beli. Technomedia Journal, 8(1SP), 92–107. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2070

Rahmadika, H., & Riauan, M. A. I. (2022). Corporate Social Responsibility GraPari Kota Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Journal of Communication Management and Organization, 1(01), 1–13. https://doi.org/10.55985/jcmo.v1i01.7

Rokhmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan , Kendala , Dan Kesiapan Pemasaran. TANTANGAN, KENDALA, DAN KESIAPAN PEMASARAN ONLINE UMKM DI DESA NGLEBAK, KECAMATAN TAWANGMANGU, KABUPATEN SUKOHARJO, 1(1), 20–31.

Salem, S. F. (2021). Do Relationship Marketing Constructs Enhance Consumer Retention? An Empirical Study Within the Hotel Industry. SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211009224

Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Bisnis Kolega, 8(1). https://doi.org/10.57249/jbk.v8i1.75

Setyadarma, B., Tjahjo Poernomo, T., Indrawati, H., & Putri, W. (2022). the Effect of Relational Marketing on Consumer Satisfaction of Burger King, Waru Sidoarjo. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(2), 167–172.

Shrestha, S. K. (2020). Impact of Relationship Marketing on Customer Retention in Higher Education. Management Dynamics, 23(2), 33–44. https://doi.org/10.3126/md.v23i2.35804

Simanjorang, E. F. S., & Chindi, C. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UMKM (STUDI PADA TOKO PERABOT ALUMANIUM “SAS” RANTAUPRAPAT). Jurnal Manajemen Akuntasi, 2(1), 102 = 115.

Syahfitri, M., Simanjorang, E. F. S., & Al-Ihsan, M. A. (2023). COMPARATIVE ANALYSIS OF PUBLIC PERCEPTION OF INTENTION TO BUY IN ONLINE MARKETING AND OFFLINE MARKETING (STUDY AT NAQI COLLECTION AJAMU STORE). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(3), 2809–2824.

Wicaksono, M. B., & D. T., & Nastiti, H. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan M Banking Mandiri di Jakarta Selatan. Braz Dent J., 2(1), 1–12.

Yang, C., & Deng, W. (2023). User-satisfaction framework for the development of shoes for the elderly in fuzzy environment. Alexandria Engineering Journal, 63, 427–440. https://doi.org/10.1016/j.aej.2022.07.058

Yuen, K. F., Koh, L. Y., Wong, Y. Q., & Wang, X. (2023). Sustainable crowdsourced delivery: A study of technological, health, value, and trust antecedents of consumer loyalty. Journal of Cleaner Production, 405(April 2022), 137010. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.137010




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6440

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics