Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas V B UPT SPF SD Negeri Gaddong II Kecamatan Bontoala Kota Makassar

Khaerunnisa Khaerunnisa, Nurhayati Selvi, Ince Prabu Setiawan Bakar

Sari


Pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam meningkatkan kehormatan dan kualitas suatu bangsa. Hal ini diatur oleh undang-undang untuk memastikan setiap warga negara mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. Kemampuan membaca menjadi pondasi utama dalam proses pembelajaran, memungkinkan siswa untuk mengakses dan memperoleh pengetahuan dari berbagai sumber. Namun, data menunjukkan adanya penurunan minat dan kemampuan membaca di Indonesia, terutama di kalangan siswa. Penelitian yang dilakukan di UPT SPF SD Negeri Gaddong II Kota Makassar menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas V B mengalami kesulitan membaca, mulai dari kesulitan mengenal huruf, melafalkan huruf, mengeja, hingga memahami teks dan tanda baca. Faktor-faktor penyebabnya termasuk rendahnya minat, motivasi, dan kurangnya dukungan dari keluarga. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa harus memperhatikan faktor-faktor tersebut, baik melalui pendidikan formal maupun dukungan yang diberikan keluarga. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan triangulasi data digunakan dalam penelitian ini untuk memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kesulitan membaca siswa.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andriana, E. (2022). Analisis Kesulitan Membaca pada Anak Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 08.

Asdam, M. (2016). Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). LIPa.

Astutik, D. T. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Ayafitri, W. N. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 1017990020 Selitua T.A 2019/2020. Universitas Quality.

Hasan, M. M. (2014). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas III SDN Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. In Semantic Scholar. Universitas Negeri Gorontalo.

Melong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Cet 20. PT. Remaja Rosdakarya.

Nafila, Selvi, N., & Erniati. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Kelas Iv Sd Negeri Bontoramba 1 Kota Makassar. Journal of Elementary Education, 2(1), 38–51.

Nurma, R., & dkk. (n.d.). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Online 2.

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2019). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 di SDN Demangan Yogyakarta. Jurnal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Rizkina. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sonya. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas V Sdi Wairotang. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 77–92. https://doi.org/10.24239/pdg.vol9.iss2.68

Taringan. (2018). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Wardani, I. G. A. . (1995). Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Depdikbud Dirjen Dikti.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics