Analisis Kegiatan Literasi terhadap Minat Baca pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Jongaya Kota Makassar

ST Nur Aisyah, Ince Prabu Setiawan Bakar, Abrina Maulidnawati. J

Sari


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilakukan di SD Muhammadiyah Jongaya untuk tiga hal utama. Pertama, untuk mengetahui bagaimana kegiatan literasi terhadap minat baca pada siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Jongaya. Kedua, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan literasi terhadap minat baca pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah Jongaya. Ketiga, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan literasi terhadap minat baca pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah Jongaya. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru wali kelas, dan lima belas siswa kelas VI. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa, namun kendala seperti ketersediaan buku yang kurang memadai dan kurangnya variasi bahan bacaan masih terjadi. Faktor pendukung meliputi adanya pojok baca, mading, dan perpustakaan, sementara faktor penghambat meliputi kurangnya prioritas, ketersediaan buku yang tidak memadai, dan kondisi perpustakaan yang kurang terawat. Upaya guru termasuk memberikan motivasi, menerapkan kegiatan literasi, dan memberikan tugas terkait bacaan. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas kegiatan literasi di sekolah tersebut.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Asiyah, S. (2019). Bupis untuk mewujudkan gerakan literasi sekolah menyonsong gernas baku pada gugus dahlia kecamatan parakan kabupaten temanggung tahun 2018. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 14(1).

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.

Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri , 6(2), 245–249.

Khatima, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ladyani, F., Pinilih, A., & Faqih, M. (2019). Analisis Riwayat Penggunaan Bahasa Bilingual dengan Anak Keterlambatan Bicara di RS Imanuel Bandar Lampung tahun 2019. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 6(4).

Nurlela, E., & Mudian, D. (2023). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagaden Barat. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 140–147.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Sasmayunita. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 577–583.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6464

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics