Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Budiandriani Budiandriani, Nurhikmah Nardin, Sitti Rahmi Razak

Sari


Perkembangan industri farmasi telah ditandai dengan kemunculan banyak perusahaan baru dan peningkatan produktivitas, yang tercermin dari peningkatan nilai ekspor produk farmasi. Hal ini menjadikan subsektor farmasi sebagai salah satu pilihan utama dalam dunia investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja keuangan memengaruhi nilai perusahaan di subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang menjadi salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Sampel penelitian terdiri dari 5 perusahaan farmasi, yaitu PT. Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT. Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT.Kimia Farma Persero Tbk (KAEF), PT. Pyridam Farma Tbk (PYFA), dan PT. Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA), dari total 9 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa Likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (X1) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Price Book Value (Y). Sementara itu, solvabilitas yang diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (X2) secara parsial menunjukkan pengaruh positif, meskipun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Di sisi lain, profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (X3) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dengan nilai signifikan (Sig) F sebesar 0,000, yang lebih kecil dari nilai α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel X, yaitu Current Ratio (X1), Debt to Equity Ratio (X2), dan Return On Asset (X3), secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Price Book Value).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Astawinetu, E., dan Handini, S. (2020). Manajemen Keuangan: Teori dan Praktek. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Afiani Wulandari, Dinalestari Purbawati (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2016-2019.

Andi, K. (2018), Pengaruh Current Ratio, Return On Equity, dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Konstruksi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 21012-2016. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia Makassar. Skripsi.

Cici Endah Karolina (2022), Pengaruh rasio profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sector industry farmasi yang terdaftar dibursa efek Indonesia.

Dini Gueshita Ugie Yudhanti, (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi,jurnal Riset Ekonomi.

Fahmi, I. (2018). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung

Ikatan Akutansi Indonesia. (2018). Standar Akutansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah, Jakarta: IAI.

Isman Hamid, H. (2022), Pengaruh Struktur Modal (DER) dan Profitabilitas (ROA) Terhadap Nilai Perusahaam (PBV) Pada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Emek Indonesia 2015-2019, Jurnal Studia Akutansi Dan Bisnis.

Kawatu, Freddy Semuel (2019). Analisis Laporan Keuangan Sektor Publik.

Nur Fadillah. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahan Farmasi Yang Terdaftar DI Bursa Efek Indonesia. Skripsi

Nurafiah Dwi Sari Putri. (2023). Pengaruh kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI. Proposal

Nur Rohmah (2021). Penagaruh kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan selama masa pandemi covid-19

Pujarini, F. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Journal Of Accounting Dan Manajement Innovation.

Ricky Amelia. (2023). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi.

Septiana, Aldila (2018). Analisis Laporan Keuangan: Pemahaman Dasar dan Analisis Kritis Laporan Keuangan. Duta Media.

Selvia, (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021.

Sulasti, H. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Rasio Likuiditas, Aktiva, Solvabilitas, dan Profitabilitas pada PT. Smart Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis.

Sitti Zalsamala Maulina Manjas. (2023). Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi Yang terdaftar DI Bursa Efek Indonesia. Skripsi.

Selvia (2022). Pengaruh Kinerja keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021.

Shopia Alifa Hamida, Dailibas (2022). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia periode 2019-2021.

Utabarat, Francis (2020). Puspitasari, Gita, ed. Analisa Kinerja Keuangan Perusahaan. Serang: Penerbit Desanta Muliavisitama.

Worontikan, E. R. C., Koleangen, R.A., & Sepang, J. L. (2021). Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Effet Indonesia Pada Tahun 2014-2018. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi.

Wahyuni, I. (2018). Analisis Ratio Profitabilitas Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Biringkassi Raya Semen Tonasa Group Jl. Poros Tonasa 2 Bontoa Minasate’ne Pangkep, Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics