Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Koperasi Konsumen Pegawai Negeri Baji Artha Kementerian Keuangan Makassar

Aulia Rahmadani Aksa, Jannati Tangngisalu, Marwah Yusuf

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Koperasi Konsumen Pegawai Negeri Baji Artha Kementerian Keuangan Makassar. Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan (sekunder) selama 2020-2022. Dengan jumlah sampe sebanyak 36 data sampel. .Data penelitian ini diolah dengan menggunakan Spss ver. 25 (2024). Temuan penelitian menunjukkan bahwa, Likuiditas (CR) yang tinggi, seperti tercermin dalam rasio lancar yang tinggi,dapat berdampak Negatif pada profitabilitas (ROA), karena mengurangi penggunakan aset untuk menghasilkan keuntungan. Solvabilitas (DER), Profitabilitas (ROA) dalam beberapa kasus, ini terkait dengan kompleksitas hubungan antara penggunaan hutang, Risiko Keuangan dan Pengembalian Investasi tidak ada pengaruh yang Konsisten. Perputaran Modal Kerja (WCT) yang tinggi dapat berdampak Positif pada Profitabilitas (ROA) melalui Efisiensi Pengelolaan Aset dan pengurangan Risiko Keuangan.

Kata Kunci : Likuiditas (CR), Solvabilitas (DER). Perputaran Modal Kerja (WCT), Profitabilitas (ROA).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Bintara, Rista. (2020). The Effect of Working Capital, Liquidity and Leverage on ProfitabilityI. Jurnal Ilmiah. Mercu Buana University. Jakarta.

Cahyani dan Sitohang. (2020). Pengaruh Perputaran Modal, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Surabaya.

Dewi dan Hermawati. (2023). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Fitriah et.al. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Perputaran Aktiva Dan Hutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sekto Consumer Non Cyclicals (2022). Jurnal Ilmiah. Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Jakarta.

Gea dan Natalia. (2020). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah. Yayasan Akrab Pekanbaru. Pekanbaru.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Ghozali, I. (2018). ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25”. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

kasmir. (2019). manajemen keuangan (9th ed.). Yogyakarta: Salemba Empat.

Parso dan Rafitasari. (2021). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Food And Beverage. Jurnal Ilmiah. Universitas MH Thamrin. Jakarta.

Pratama dan Sufina. (2023). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Perputaran Modal Kerja Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Solvabilitas Pada Perusahaan Sektor Infrastuktur. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Putra, yudiarto. (2015). Analisis Laporan Keuangan Berdasarkan Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Dan Rentabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Koperasi Manunggal Universitas Kadiri. Jurnal Ilmiah. Universitas Kadiri. Kediri.

Purwanti et.al. (2022). Analisisis Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Kosmetik Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah. STIE AMA Salatiga. Kota Salatiga.

Situmorang dan Asmapane. (2023). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Dan Likuiditas Serta Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur. Jurnal Ilmiah. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Sormin et.al. (2023). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2018-2022). Universitas Harapan. Semarang.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Fix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.

Syam, Azlan. (2013). Analisis Pengaruh Efisiensi Modal Kerja Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.

Yulianti dan Isynuwardhana. (2019). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah. Universitas Telkom.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6492

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics