Analisis SWOT Terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik pada LKP Intermedia Training Center Rantauprapat

Cici Dinda Anggriani, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Praida Hansyah

Sari


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengamati secara mendalam strategi yang digunakan dalam menjalankan bauran pemasaran yang optimal. Analisis ini mencakup penilaian atas kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman terhadap setiap komponen dalam rangkaian pemasaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara menggunakan data primer yaitu dengan observasi, wawancara dan pembagian kuesioner. Adapun sasaran dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah Direktur LKP Intermedia Training Center, Kepala Program, dan para Siswa/i LKP Intermedia Training Center. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bauran pemasaran (marketing mix) pada Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Intermedia Training Center sejauh ini sudah seimbang dan baik, hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan terhadap kelima variabel produk jasa, place (tempat), price (harga), promosi dan people (orang) yang diberikan pihak LKP Intermedia Training Center terbukti berpengaruh dalam meningkatkan jumlah peserta didik.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 459–468.

Astari, R., Simanjorang, E. F. S., & Syahputra, R. (2020). The Effect of Price , Quality of Service , and Quality of Service on Customer Satisfaction at Cafe Ranu Raseyan Rantau Prapat. 9818–9830.

Bindas, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga ( Price ) , Tempat ( Place ) Dan Promosi ( Promotion ) Terhadap Kepuasan Konsumen ( Customer Satisfaction ) Pengguna Layanan Motor Tembilahan. Jurnal Tenik Industri UNISI, 4(1), 36–44.

Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2017). ANALISIS SEGMENTING , TARGETING , POSITIONING DAN MARKETING MIX PADA PT . MURNI JAYA. 5(1).

Endarwita, E. (2021). Strategi Pengembangan objek Wisata Linjuang melalui Pendekatan Analisis SWOT. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(1), 641–652. https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.2133

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2), 261–283.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembelian Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(2), 1–10.

Hanggita, A. T. (2018). Analisis Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Jasa Pada Umkm Di Kecamatan Paciran. Manajemen Bisnis, 8(2), 167–176. https://doi.org/10.22219/jmb.v8i2.7069

Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., & Helvi, B. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah. Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 202–216.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Ismanto, W., Munzir, T., Tanjung, R., Lestari, L., & Ashari, E. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dimensi, 11(1), 200–210. https://doi.org/10.33373/dms.v11i1.4071

Kotler, P. (2008). Managemen pemasaran, jilid 1. PT Indeks Kelompok Gramedia, 1(Cara memanage pemasaran), 1.

Meilani, R., & Kartini, I. A. N. (2020). Pengaruh Product, People, Dan Process Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ekspedisi Cv. Hitam Oren Express (Hoe) Di Surabaya. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.30996/jem17.v5i1.3620

Muhammad Supriyanto, & Muhammad Taali. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di the Sun Hotel Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458

Sattar. (2017). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Deepublish.

Simanjorang, E. F. S. (2019). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja Dan Promosi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Kapuas Besar Desa Aek Kota Batu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 46–59. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.19

Susilo, S. D., Simanjorang, E. F. S., & Siregar, N. A. (2022). Upaya Pengembangan Pantai Alam Geger sebagai Objek Wisata dalam Meningkatkan Tourism Visit dan Economic Sector bagi Masyarakat Desa Kampung dalam Kabupaten Labuhan Batu. Pelita Masyarakat, 4(1), 134–147. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v4i1.7604

Tirtayasa, S., & Daulay, Y. A. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19 MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 106–122.

Tolan, M. S., Frendy, T., Pelleng, A. O., Punuindoong, A. Y., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.

Wiyono, B. (2020). Produk-Produk Jasa Pendidikan. Jural Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics