Pengaruh Media Sosial Dan Gaya Hidup Gen-Z Terhadap Keputusan Pembelian Pada Momoyo Ice Cream Rantau Prapat

Rizka Putri Permata Lubis, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Anita Sri Rejeki Hutagaol

Sari


Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh media sosial serta gaya hidup gen-z pada keputusan pembelian Momoyo Ice Cream Rantauprapat. Populasi pada penelitian ini merupakan pelanggan Momoyo Ice Cream Rantau Prapat yang pernah melakukan transaksi di Momoyo Rantau Prapat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan total sampel 100 responden. Metode analisis yang dipakai ialah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara parsial media sosial tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada Momoyo Ice Cream Rantau Prapat. Sedangkan, gaya hidup gen-z memiliki pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian pada Momoyo Ice Cream Rantau Prapat. Secara simultan media sosial dan gaya hidup gen-z mempunyai pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian pada Momoyo Ice Cream Rantau Prapat. Penelitian ini menunjukan media sosial serta gaya hidup gen-z memberikan kontribusi pada keputusan pembelian sebesar 48.7%, dan lebihnya sebesar 51,3% ialah kontribusi dari variabel di luar penelitian ini

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Astari, R., Simanjorang, E. F. S., & Syahputra, R. (2022). The Effect of Price , Quality of Service , and Quality of Service on Customer Satisfaction at Cafe Ranu Raseyan Rantau Prapat. Birci-Journal, 5(2), 9818–9830.

Hardani. (2020). Pengaruh Gaya hidup dan Persepsi konsumen Terhadap Keputusan pembelian Pada Store Urban Traffic Medan. Metode Penelitian Kuantitatif & Kuatitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Grup. https://doi.org/10.36490/value.v3i1.381

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Nofela, N. P. & Saputri, M. E. (2022). Pengaruh Gaya hidup dan Persepsi konsumen Terhadap Keputusan pembelian Pada Store Urban Traffic Medan. 9(2). https://doi.org/10.36490/value.v3i1.381

Pramana, K. M. P., & Mayasari, N. M. D. A. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mixue di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 325–333. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61766

Putri, G. A., Nofirda, F. A., & Siregar, D. I. (2023). Pengaruh Sosial Media dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Konsumen Pengguna Instagram di Pekanbaru). Ilmliah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 286–302.

Rahma, L. Y., Broto, B. E., & Simanjorang, E. F. S. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Discount, Kualitas Produk, Gratis Ongkir Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Management, 8(3), 387–400.

Simanjorang, E. F. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop on Mada Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91–101.

Simanjorang, E. F. S., Zebua, Y., Broto, B. E., Nasution, M. F., & Watrianthos, R. (2019). The implications of theory of planned behavior (TPB) on the student online business intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(4), 180–183.

Sugiyono. (2028). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Syahfitri, M., Simanjorang, E. F. S., & Al-Ihsan, M. A. (2023). COMPARATIVE ANALYSIS OF PUBLIC PERCEPTION OF INTENTION TO BUY IN ONLINE MARKETING AND OFFLINE MARKETING (STUDY AT NAQI COLLECTION AJAMU STORE). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(3), 2809–2824.

Yusa, V. De, Aswin, & Pratisti, C. (2023). Pengaruh Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Pembelian Kosmetik Madame Gie. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 72–81.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6531

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics