IDIOSINKRASI KONSUMEN PENGGUNA ELEKTRONIK MONEY (E-MONEY) DI PT MATAHARI DEPARTEMENT STORE TBK PANAKKUKANG

Shandra Bahasoan, Faisal Rizal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui idiosinkrasi konsumen pengguna Electronic money (e-Money) berupa karakteristik budaya, karakteristik sosial, karaktersitik pribadi, karakteristik harga dan karakteristik psikologis terhadap pengguna e-money di PT Matahari Deaprtment Store Tbk Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan saintific. Populasi adalah pengunjung mall yang melakukan pembelian dengan pembayaran menggunakan e-money di PT Matahari Departement Store Tbk Panakkukang dengan teknik sampel accidental sebanyak 97 orang. Teknik statistic regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 23 digunakan untuk mengolah data penelitian.
Hasil penelitian ini menemukan : karakteristik kebudayaan, karakteristik sosial, karakteristik pribadi, karakteristik harga dan karakteristik psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-money.

Kata Kunci: karakteristik kebudayaan, karakteristik sosial, karakteristik pribadi, karakteristik harga dan karakteristik psikologi, penggunaan e-money.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdullah, R. R., Yulianto, E., & Marwah, M. (2017, Januari). Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. JAB :Jurnal Administrasi Bisnis, 42(1).

Adnan. (2018, September). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner dan Strategis, 7(2).

Amri. (2017, Desember). Analisis Perilaku Konsumen Maskapai Penerbangan dalam Melakukan Pembelian Tiket Pesawat Melalui e-Commerce. JEM. Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Pertida Pangkalpinang, 3(2), 1-15.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018, Jan-Juni). Pengaruh Budaya Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) UIN Alaudin, 5(1), 69-78.

Dewanto, A. C., & Moniharapon, S. (2018, Juli). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 6(3), 1878-1887.

Islami, A. S., Maharani, N., & Oktini, D. K. (2015, Agustus). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Tas Henny Jalan Daleum Kaum Pasar Kota Kembang Bandung. Prosiding Manajemen, 1(2).

Joesyiana, K. (2017). Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tata Rias Wajah Impor. Jurnal Valuta, 3(2).

Jogiyanto, H. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (salah kaprah dan pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.

Joshua, D., & Padmalia, M. (2016, Maret). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entreprenuer&Entreprenuership, 5(1).

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019, Januari). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. AJIE. Asian Jurnal Of Innovation&Entreprenuership, 4(1).

Latief, F., & Dirwan. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 16-30.

Majdi, P., & Dash, P. (2015). . Electronic Money: An Essence of E-Commerce. Bulletins of Indonesia Economics Studies.

Pratiwi, K. I., & Mandala, K. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(1), 3619-3645.

Rizki, A. G., Hidayat, K., & Devina, L. D. (2019, Juni). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Indonesia (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). JAB : jurnal Adminsitrasi Bisnis, 72(2).

Yuriska, M. R., & Sukirno, I. (2014). Pengaruh Faktor Sosial, Personal, Psychological, dan Kultural Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Centro Department Store Melalui Stimulus Midnight Sale. Jurnal MODUS Vol. 26 No. 1, 26(1), 77-84.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics