BAURAN PEMASARAN 7P DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDUSTRI RETAIL GIANT EKSPRES MAKASSAR

Giri Dwinanda, Yuswari Nur

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran 7P dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail Giant Ekspres Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Responden berjumlah 135 orang yang diperoleh dari hasil perhitungan rule of thumb, yaitu 5 kali jumlah indikator penelitian (27 indikator). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran 7P memiliki pengaruh sebesar 0.496 terhadap keputusan pembelian, dengan sisa 50.4% dipengaruhi oleh variabel diluar variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian inner model diketahui variabel price yang memberikan pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji hipotesis, hanya variabel price yang diterima berdasarkan perbandingan nilai thitung>ttabel (3.428>1.978) dan nilai signifikansi (P value) 0.001<0.01. Adapun variabel yang paling tidak berpengaruh adalah place 0.357<1.978; sig.(p): 0.721>0.01 yang menunjukkan bahwa tanpa adanya variabel place dalam bauran pemasaran 7P, seseorang tetap dapat melakukan keputusan pembelian. Hal ini didukung dengan maraknya aplikasi belanja online yang sangat memudahkan konsumen berbelanja tanpa harus mengunjungi tempat belanjanya (place).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Christine, Christine., and Wiwik Budiawan. 2017. “Analisis Pengruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang).” Industrial Engineering Online Journl, 6 (1): 1-8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/15928/15389

CNN Indonesia. 2018. Revolusi Industri 4.0, Sektor Ritel Berpotensi PHK Karyawan. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181226172615-92-356542/revolusi-industri-40-sektor-ritel-berpotensi-phk-karyawan

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro, 2014.

Ghozali, Imam., and Hengky Latan. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: BP Undip.

Hurriyati, Ratih. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Kompas.com. 2019. Sejumlah Gerai Giant Ditutup, Ini Penjelasannya. https://money.kompas.com/read/2019/06/25/175105526/sejumlah-gerai-giant-ditutup-ini-penjelasan-manajemen?page=all

Kotler, Philip., and Gary Amstrong. Principles of Marketing, 16th ed. New Jersey: Pearson Education, 2016.

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. Marketing Management, 14th ed. New York: Pearson Education, Inc, 2011.

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. Marketing Management, 15th ed. New York: Pearson Education, Inc, 2016.

Kumparan Bisnis. 2019. Mau Tutup 26 Gerai Giant, Saham HERO Jeblok. https://kumparan.com/@kumparanbisnis/mau-tutup-26-gerai-giant-saham-hero-jeblok-1547452628690848018

Latan, Hengky. Selva Temalagi. Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta, 2013.

Merdeka.com. 2019. Giant Tutup 26 Gerai dan PHK Karyawan, CT Ingatkan Pentingnya Perubahan dalam Bisnis. https://www.merdeka.com/uang/giant-tutup-26-gerai-dan-phk-karyawan-ct-ingatkan-pentingnya-perubahan-dalam-bisnis.html

Ramadhanti, Amalia. 2017. “Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap Keputusan Pembelian pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah di Samarinda.” E-Journal Administrasi Bisnis, 5 (2), 269-282. http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1566

Sholihin, Mahfud., & Dwi Ratmono. Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 2013.

Solimun, MS., Adji Achmad Rinaldo Fernandes, and Nurjannah. Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan Warplus. Malang: UB Press, 2017.

Sukotjo, Hendri., and Sumanto A. Radix. 2010. “Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Place, Participant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya.” Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1 (2), 216-228.

Supriyanto and Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Wongleedee, Kevin. 2015. “Marketing Mix and Purchasing Behavior for Communicaty Products at Traditional Markets”. Procedia – Social and Behavioral Sciences 197, 2080-2085, https://www.researchgate.net/publication/282599714_Marketing_Mix_and_Purchasing_Behavior_for_Community_Products_at_Traditional_Markets




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.690

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics