Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Paylater Pada Generasi Z Di Kota Semarang
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan (X1), literasi keuangan (X2), dan persepsi risiko (X3) terhadap minat menggunakan paylater (Y) pada generasi Z di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna Shopee Paylater di Kota Semarang. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan, literasi keuangan, dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan paylaterPenelitian ini memberikan bukti empiris bahwa pendapatan, literasi keuangan, dan persepsi risiko merupakan faktor penting yang mempengaruhi minat generasi Z dalam menggunakan layanan paylater.
Kata Kunci: Pendapatan, literasi keuangan, persepsi risiko, minat menggunakan, paylater
ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of income (X1), financial literacy (X2), and risk perception (X3) on interest in using paylater (Y) in generation Z in Semarang City. This research uses quantitative methods by distributing questionnaires to 100 respondents who are Shopee Paylater users in Semarang City. Multiple linear regression analysis was used to test the research hypothesis. The results showed that income, financial literacy, and risk perception have a positive and significant effect on interest in using paylater. This study provides empirical evidence that income, financial literacy, and risk perception are important factors that influence generation Z's interest in using paylater services.
Keywords: Pendapatan, literasi keuangan, persepsi risiko, minat menggunakan, paylater
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Abidin, Z. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Fintech Payment Terhadap Financial Behavior Mahasiswa Pada Bank Syariah ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Walisongo Semarang). 1905036105.
Adirinarso, D. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495
Bakhtiar, M. R., Kartika, E., & Listyawati, I. (2022). Faktor-faktor pengaruh minat nasabah pengguna internet banking Bank Syariah Mandiri. Al Tijarah, 6(3), 156. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5696
Ii, B. A. B. (2015). BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 2.1 Profil Umum Shopee Shopee merupakan salah satu. 46–63.
Muistajibah, T. (2021). DINAMIKA Ei-COMMEiRCEi DI INDONEiSIA TAHUiN 1999-2015. eijuirnal peindidikan seijarah.
Nasution, N. H., & Munir, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Paylater dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Al-Buhuts, 19, 106–121.
Ningsih, M. C., Woestho, C., & Kurniawan, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Manfaat Paylater Dan Pendapatan Generasi Z Terhadap Minat Penggunaan Paylater Di Platfrom Shopee Pada Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Economina, 2(11), 3218–3231. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.967
Ningsih Wijaya, A., Hanik, U., Wulandari, W., Nabila, N., & Kustina, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater di Kabupaten Bekasi. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(01), 28–41. https://doi.org/10.59422/global.v2i01.185
Palimbong, S. M., Pali, E., Biringkanae, A., & Tangdialla, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Penggunaan Digital Payment Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Uki Toraja. Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 278–297. https://doi.org/10.61132/manuhara.v1i4.222
Panjalu, D. A., & Mirati, E. (2022). Analisis Pengaruh Minat Pengguna Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee. Prosiding SNAM PNJ, 10. https://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5832
Pratika, Y., Salahudin, S., Riyanto, D. W. U., & Ambarwati, T. (2021). Analysis of Pay Later Payment System on Online Shopping in Indonesia. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(3), 329–339.
Persepsi, P., Dan, M., Risiko, P., Minat, T., Rozali, A., & Maulana, A. (2023). Menggunakan Tapcash BNI. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 187–199.
Putri, S. E., Safitri, H., & Hariyanto, D. (2023). Pengaruh literasi keuangan dan Technology Acceptance Model terhadap minat menggunakan paylater pada mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 19(1), 64–72.
Risiko, P. P., & Kemudahan, P. (2022). Latar belakang secara subjektif dari pengguna internet dalam melakukan transaksi di internet ( Marafon et al .,. 04(02), 516–524.
Selvy Diana Putri, L. S. M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Fintech Payment ( Paylater ) Pada Shopee. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bung Hatta Padang, 10(4), 883. https://peneliti.net/index.php/IJEIT
Studi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023). Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Fintech Payment ( Paylater ) Pada Aplikasi Shopee.
Wijaya, A. N., Hanik, U., Wulandari, W., Nabila, N., & Kustina, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan , Kepercayaan , Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater Di Kabupaten Bekasi Global : Jurnal Lentera BITEP Pendahuluan Perkembangan teknologi menciptakan suatu realitas baru yang dikenal sebagai. 02(01), 28–41.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6908
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.