Usulan Employer Branding Dengan Pendekatan Corporate Social Responsibility Untuk Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Nabilla Vynka Fakhira, Neneng Nurlaela Arief

Sari


Nimo Highland, anak perusahaan dari Nimo Land Group di Bandung, menghadapi angka turnover intention karyawan yang tinggi sebesar 35,16% pada tahun 2023, menunjukkan rendahnya retensi karyawan. Salah satu faktor yang berkontribusi adalah kurangnya keterlibatan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterlibatan karyawan di Nimo Highland dan mengusulkan solusi untuk menerapkan strategi branding perusahaan yang terintegrasi dengan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR). Desain penelitian kuantitatif, dimulai dengan wawancara awal dan mengumpulkan data primer melalui kuesioner dari 36 karyawan. Kuesioner tersebut mengukur dimensi kerangka Employee Value Proposition (EVP) yang berfokus pada sektor pariwisata, yaitu Nilai Minat, Nilai Sosial, Nilai Ekonomi, Nilai Pengembangan, dan Nilai Aplikasi sebagai indikator keterlibatan karyawan, serta persepsi karyawan terhadap CSR perusahaan. Analisis menunjukkan dampak signifikan dari Nilai Ekonomi (T-statistik 2,225, tingkat signifikansi 0,034), Nilai Pengembangan (T-statistik 3,196, tingkat signifikansi 0,003), dan Nilai Aplikasi (T-statistik 3,683, tingkat signifikansi 0,001) terhadap CSR, yang menunjukkan bahwa faktor-faktor ini secara positif mempengaruhi keterlibatan karyawan. Rekomendasi strategi branding perusahaan meliputi menawarkan kompensasi yang kompetitif, pembaruan keuangan yang transparan, investasi dalam pelatihan dan pengembangan karir karyawan, serta menciptakan peran pekerjaan yang bermakna dengan program pengakuan. Selain itu, inisiatif CSR seperti keterlibatan komunitas, praktik keberlanjutan lingkungan, dan penyuluhan pendidikan diusulkan untuk meningkatkan branding perusahaan. Dengan menerapkan strategi ini, Nimo Highland dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan karyawan, sejalan dengan tujuan pertumbuhan perusahaan dan menciptakan budaya organisasi yang positif. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi integrasi strategi keterlibatan karyawan yang berbeda untuk mencapai tingkat retensi dan kepuasan yang lebih tinggi.
Keywords:
Employee Turnover Intention, Keterlibatan Karyawan, Branding Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Employee Value Proposition

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Nimo Highland, anak perusahaan dari Nimo Land Group di Bandung, menghadapi angka turnover intention karyawan yang tinggi sebesar 35,16% pada tahun 2023, menunjukkan rendahnya retensi karyawan. Salah satu faktor yang berkontribusi adalah kurangnya keterlibatan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterlibatan karyawan di Nimo Highland dan mengusulkan solusi untuk menerapkan strategi branding perusahaan yang terintegrasi dengan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR). Desain penelitian kuantitatif, dimulai dengan wawancara awal dan mengumpulkan data primer melalui kuesioner dari 36 karyawan. Kuesioner tersebut mengukur dimensi kerangka Employee Value Proposition (EVP) yang berfokus pada sektor pariwisata, yaitu Nilai Minat, Nilai Sosial, Nilai Ekonomi, Nilai Pengembangan, dan Nilai Aplikasi sebagai indikator keterlibatan karyawan, serta persepsi karyawan terhadap CSR perusahaan. Analisis menunjukkan dampak signifikan dari Nilai Ekonomi (T-statistik 2,225, tingkat signifikansi 0,034), Nilai Pengembangan (T-statistik 3,196, tingkat signifikansi 0,003), dan Nilai Aplikasi (T-statistik 3,683, tingkat signifikansi 0,001) terhadap CSR, yang menunjukkan bahwa faktor-faktor ini secara positif mempengaruhi keterlibatan karyawan. Rekomendasi strategi branding perusahaan meliputi menawarkan kompensasi yang kompetitif, pembaruan keuangan yang transparan, investasi dalam pelatihan dan pengembangan karir karyawan, serta menciptakan peran pekerjaan yang bermakna dengan program pengakuan. Selain itu, inisiatif CSR seperti keterlibatan komunitas, praktik keberlanjutan lingkungan, dan penyuluhan pendidikan diusulkan untuk meningkatkan branding perusahaan. Dengan menerapkan strategi ini, Nimo Highland dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan karyawan, sejalan dengan tujuan pertumbuhan perusahaan dan menciptakan budaya organisasi yang positif. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi integrasi strategi keterlibatan karyawan yang berbeda untuk mencapai tingkat retensi dan kepuasan yang lebih tinggi.

Keywords:

Employee Turnover Intention, Keterlibatan Karyawan, Branding Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Employee Value Proposition




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics