Peran Penggunaan Financiaal Technolgy Sebagai Upaya optimalisasi Pengembangan UMKM Dikota Medan

Henny Andriyani Wirananda, Wan Dian Safina, Melisa Zuriani Hasibuan, Suhaila Husna Samosir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Analisis Pemanfaatan Financial Technology Sebagai Upaya Optimalisasi Potensi UMKM di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan financial technology sebagai upaya optimalisasi potensi UMKM di Kota Medan. Subyek penelitian ini adalah 4.377 UMKM di Kota Medan dan objek dalam penelitian ini adalah 90 UMKM pengguna financial technology berupa GoPay, Ovo dan ShopeePay di Kota Medan di Kecamatan Delitua, Medan Amplas dan Medan Johor selama tahun 2019-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Financial Technology berupa GoPay, OVO dan AhopeePay sangat membantu UMKM khususnya UMKM Dimsum dan Boba dalam menjalankan usahanya. Fintech memberikan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan akses terhadap nasabah baru dan kemudahan transaksi karena layanan keuangan yang diberikan Fintech memiliki jangkauan yang lebih luas. Berdasarkan hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa Financial Technology seperti GoPay, OVO dan ShopeePay sangat efektif untuk mengoptimalkan UMKM di Kota Medan. Hal ini terlihat dari rata-rata pendapatan yang diperoleh pelaku UMKM Dimsum dan Boba yang meningkat sebesar 50-66%. Hal ini menandakan bahwa aplikasi GoPay, OVO dan ShopeePay dapat membantu UMKM untuk meningkatkan usahanya agar lebih berkembang. Pasalnya, aplikasi GoPay, OVO dan ShopeePay menjadi peluang bagi UMKM untuk menjual produknya ke wilayah yang lebih luas.
Kata Kunci: Financial, Technology, UMKM

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdul, H., & Hanafi, M. M. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi kedua, Yogyakarta

Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandug: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur PeneIitian : Suatu Pendekatan Praktik, EdisiRevisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta

Brigham, Eugene F & Daves, Philip R. 2014. Intermediate Financial Management. USA: Thompson South Western.

Dalimunthe, Muhammad Irzan Fikri. 2019. Implememtasi Fintech Terhadap Umkm Di Kota Medan Dengan Analisis SWOT. Junral Akuntansi. Vol. 4. No. 3

Fajar, Muhammad. 2021. Peran Financial Technology (FINTECH) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Akuntansi. Vol. 1. No. 2

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Hery. 2016. Auditing Dan Asurans. Jakarta: Kompas Gramedia

Ningsih, Diah Rahayu. 2020. Peran Financial Technology (FINTECH) Dalam Membantu Perkembangan Wirausaha UMKM. Jurnal Akuntansi. Vol. 4. No.3

Pertiwi, Uray Maharani. 2017. Penerapan Financial Technology dan Peningkatan literasi keuangan Untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. Jurnal Akuntansi. Vol. 4. No. 2

Platt, H. & Platt,M.B. (2015). Predicting Financial Distress. Journal of Financial Service Professionals,56(3),12-15.

Rudianto, Dudi. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT Telkom Tbk, dengan PT Indosat Tbk Periode 2005-2010. Business and Management Review (BMR) Vol.2 No.1 Desember 2015.

Romadhon, Fitri.2020. Analisis Peluang dan Tantangan Penggunaan Financial Technology Sebagai Upaya optimalisasi Potensi UMKM (Studi Kasus UMKM di Gresik). Jurnal Technobiz. Vol. 3 No.1

Suhartono, M. Suwandi. 2020. Financial Technology Optimization in the Development of MSMEs with Spotlight Phenomenology. Advances in Economics, Business and Management Research. Vo. 115. No. 3

Syarifuddin. 2021. The Potential of Sharia Fintech in Increasing Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) in The Digital Era in Indonesia. Journal Accountant. Vol. 4. No.1

Sugiyono. 2018. Metode PeneIitian Kuantitatif KuaIitatif dan R&D. Bandung: AIfabeta

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdsada

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Usman, Husaini. 2015. MetodoIogi PeneIitian SosiaI, Jakarta: Bumi Aksara.

Umar, Husein. 2016. MetodoIogi PeneIitian ApIikasi daIam pemasaran. edisi II, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7061

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics