STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PT. MITRA KERINCI

Elvitriadi Elvitriadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi visi, misi, model canvas bisnis dan strategi bisnisnya pada PT. Mitra Kerinci, perushaaan penghasil teh yang bergerak dibidang agribisnis, melalui analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Selanjutnya mengusulkan Business Canvas Model dan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk pengembangan bisnisnya agar dapat meningkatkan profitnya, sehingga perusahaan mampu bersaing di pasaran sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Penelitian adalah penelitian deskriptif yang dilakukan melalui survey (wawancara dan kuesioner) pada karyawan pimpinan dan konsumen perusahaan, praktisi dan akademisi. Hasilnya dianalisis dengan metode QSPM menggunakan input matrix IFE & EFE, CPM, sehingga diperoleh BMC dan alternatif strategi yang dihasilkan dari IE matrix, Grand Strategy matrix dan SWOT matrix dalam penentuan prioritas strategi. Faktor-faktor internal, eksternal, posisi dan jenis usaha serta strategi perusahaan ini merupakan variabel mandiri, di mana setiap variabel ini tidak dilakukan perbandingan, tetapi saling menjelaskan dan mempengaruhi variabel lainnya.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi yang dilakukan perusahaan adalah strategi pengembangan pasar melalui kerjasama trading, retail dan distribusi, di mana perusahaan berada pada posisi growth & build dan jenis usahanya adalah usaha yang masih dapat dikembangkan yang dimana lingkungan perusahaan mendukung dilakukannya pengembangan pasar untuk menjadi tumbuh dan berkembang. Untuk tumbuh dan berkembang, perusahaan harus menggunakan kekuatannya secara optimal, dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada, memperbaiki kelemahannya dan menghindari atau melawan ancamannya, serta menciptakan strategi yang lebih berdaya saing.

Kata Kunci : BMC, analisis QSPM, Tumbuh dan Berkembang, Strategi Pengembangan Pasar.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amit R. & Zott C. (2010). Creating value throught business model innovation. IESE Business School Working Paper. 870. 1-17

Andri DP., Yustinus. (2019). Teh Impor Makin Membanjir karena Tarif Murah. 20 Mei 2019. Bisnis.com.

Aspara J., Laukia A. & Tikkanen H. (2011). Strategic management of business model transformation : lessons from Nokia. Journal of Management Decision 49, 622-627. https://doi.org/10.1108/0025741111126521

Azikin, S. R., Ilyas, G. B., & Asiz, M. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KOMITMEN ORGANISASI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANTAENG. YUME: Journal of Management, 2(1).

Badan Pusat Statistik RI. (2018). Statistik teh Indonesia tahun 2017. Jakarta: Author.

Barnard, Freddie., Akridge, Jay., Dooley, Frank. & Foltz, John. (2012). Agribusiness management. London & New York: Routledge Taylor and Francis Group.

David, Fred R. & David, Forest R. (2017). Strategic management concepts and cases A competitive advantage approach. (6th ed.). England: Pearson Education Limited.

David, Fred, R. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Dzemyda, Ygnas. (2014). Strategic management of business organizational. Nycolas Romeris university.

Echdar, Saban. (2017). Metode penelitian manajemen dan bisnis. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurunisa, Venty Fitriany. & Baga, Lukman Muhammad. (2012). Analisis Daya Saing dan Strategi Pengembangan Agribisnis Teh Indonesia. Forum Agribisnis. 2. 33-52.

Global Tea Brokers. (2015). Global tea digest 2015 a statistical compilation of tea data and tea encyclopedia. Cochin, India: Author.

Heizer, J. & Render, B. (2011). Operations management. (10th Ed.). New Jersey, USA: Pearson Education Limited.

Hungger, J. David & Wheelen, Thomas L. (1996). Manajemen strategis. (Julianto Agung S. SE, S.Kom., penerjemah) (2001). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hutabarat, Jemsly & Huseini, Martani. (2018). Strategi : terpadu / komprehensif / simultan. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Kasali, Rhenald. (2017). Disruption “ Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motivasi saja tidak cukup”. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Phillip & Kevin L. Keller. (2016). Marketing management. (16th ed.). New Jersey: Pearson.

Trimo, Lucyana., Fatimah, Sri. & Djuwendah, Endah. (2017). Kajian pengembangan agribisnis berbasis teh rakyat. Jurnal Rekayasa Hijau. 2. 136-145.

Mintzberg, Henry, Quinn, James Brian & Voyer, John. (1995). The strategy process. London : Prentice Hall International Inc.

Natasha, Priscilla. & Devie. (2013). Analisa pengaruh strategic planning terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Business Accounting Review. 1.

Nurrohman, Rifin., Amzul. & Djohar, Setiadi. (2018). Analisis kinerja industri teh Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 2. 396- 411.

Osterwalder, Alexander. & Pigneur, Yves. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Pearce II, John A. & Robinson, Richard B. (2003). Strategic management : formulation, implementation and evaluation. (50th Ed.) Boston: Richard D. Irwin Inc.

Pearce, J.A. dan Robinson, Richard B. (2013). Manajemen strategis: Formulasi, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Porter, Michael E. (2008). Strategi bersaing (Competitive strategy). Tanggerang : Karisma publishing group.

Rahim, ABD. & Hastuti, Diah Retno Dwi. (2005). Sistem manajemen agribisnis. Makasar: Badan Penerbit Universitas Makasar.

Alimuddin, M., Gunawan, B. I., & Munir, A. R. (2016). The Influence of Technical Marketing Training toward International Trade Access at BP3ED Department of Commerce and Industry of South Sulasesi Province. Jurnal Mirai Management, 1(2), 527-532.

Saragih, Bungaran. (2010). Suara agribisnis. kumpulan pemikiran Bungaran Saragih. Jakarta : PT. Permata Wacana Lestari

Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian. (2013). Outlook 2013 sektor pertanian sub sektor perkebunan teh. Jakarta: Author.

Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian. (2014). Outlook 2014 sektor pertanian sub sektor perkebunan teh. Jakarta: Author.

Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian. (2015). Outlook 2015 sektor pertanian sub sektor perkebunan teh. Jakarta: Author.

Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian. (2016). Outlook 2016 sektor pertanian sub sektor perkebunan teh. Jakarta: Author.

Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian. (2017). Outlook 2017 sektor pertanian sub sektor perkebunan teh. Jakarta: Author.

Sekaran, Uma & Bougie, Roger. (2017). Research methods for business. (7th ed.). United Kingdom: John wiley & Sons. Ltd.

Slavik, Stevan & Richard, Bednar. (2014). Analysis business model. Journal of Competitiveness. 6. 19-40. 00. https://doi.org/10.7441/joc.2014.04.02

Sorensen, Hans Eibe (2012). Business Development: A Market-Oriented Perspective. John Wiley & Sons. https://www.wikipedia.org

Suprihatini, R., Drajat, B. & Fajar, U. (2004). Kebijakan percepatan industri hilir perkebunan : Kasus teh dan sawit. AKP. 2. 54-66.

Tapera, Julius. (2014). The Importance of strategic management to business organizations. Research Journal of social science and management. 03, 122-131, https://www.tehinternationaljournal.org>RJSSM

Trimo, L., Fatimah, S. & Djuwenda, E. Kajian pengembangan agribisnis berbasis teh rakyat. Jurnal Rekayasa Hijau. 2, 136-145.

Thomson, Arthur A., Peteraf, Margaret A., Gamble, John E. & Strickland, A. J. III. (2018). Crafting & executing strategy, teh quest for competitive advantage. (21th ed.). New York: McGraw-Hill Education International.

Lembaran Negara Republik Indonesia 2004. 84. Undang-Undang Republik Indonesia No 18 tahun 2004 tentang perkebunan. August 11, 2004.

Usmara U. (2017). Manajemen strategik implementasi dan proses. Yogyakarta: Penerbit Amara Books

White, Colin. (2014). Strategic management. New York: Palgrave Macmillan.

Wibowo, Yuli. (2010). Analisis prospektif pengembangan daya saing perusahaan daerah perkebunan. Jurnal Agrointek. 2. 104-113.

Widowati, Indah. (2015). Strategi pengembangan perusahaan agribisnis (Studi kasus PT. Citra Rahardja Utama di kecamatan Gamping kabupaten Sleman). Jurnal Agraris. 1, 157-164, https://doi.org/10.18196/agr/1219




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.710

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics