Peran eWOM dan Loyalitas Sikap dalam Memediasi Publisitas Negatif Terhadap Loyalitas Perilaku Konsumen Honda

Reyhan Qatrunada Usulu, Syti Sarah Maesaroh, Adi Prehanto

Sari


Berita negatif yang mencuat pada bulan Agustus 2023 telah mencoreng reputasi merek Honda. Berita ini bermula dari banyaknya muncul unggahan yang memperlihatkan sepeda motor Honda mengalami patah rangka. Berita ini menyebabkan Honda menerima banyak kritikan di media daring yang menyatakan kekecewaan dan keengganan untuk menggunakan sepeda motor Honda lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh publisitas negatif melalui dua perspektif loyalitas, yaitu sikap dan perilaku. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh eWOM dalam penyebaran berita negatif pada loyalitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa publisitas negatif tidak berpengaruh terhadap loyalitas perilaku, namun efektif terhadap loyalitas sikap dan eWOM. Loyalitas perilaku dapat dipengaruhi oleh loyalitas sikap, namun tidak dengan eWOM. Sementara itu, mediasi loyalitas sikap sukses pada hubungan publisitas negatif terhadap loyalitas perilaku, namun tidak dengan mediasi eWOM.

Keywords:
Publisitas Negatif, Loyalitas Sikap, Loyalitas Perilaku, eWOM, Loyalitas Konsumen

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Affandi, H. Y., & Anggraini, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT. Capella Dynamic Nusantara Nagoya Batam. Jurnal Jumka, 1(1), 59–66.

Ahluwalia, R., Burnkrant, R. E., & Unnava, R. H. (2000). Consumer Response to Negative Publicity: The Moderating Role of Commitment. Journal of Marketing Research, 37(May 2000), 203–214.

Amalia, A., Citra, K., & Dewi, S. E. (2019). Pengaruh Publisitas Negatif Terhadap Minat Beli Produk H&M di Indonesia. E-Proceeding of Management, 6(2), 4467–4476.

Bandyopadhyay, S., & Martell, M. (2007). Does attitudinal loyalty influence behavioral loyalty? A theoretical and empirical study. Journal of Retailing and Consumer Services, 14(1), 35–44. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2006.03.002

Bunga, R. (2023). Apa Itu Silikat? Bercak Kuning yang Sering Dikira Karat. Diakses dari https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/rihanna-bunga/apa-itu-silikat

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762–6781. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19

Catenazzo, G., & Paulssen, M. (2020). Product defects are not created equal: prioritizing production process improvements. Production Planning and Control, 31(4), 338–353. https://doi.org/10.1080/09537287.2019.1638979

CNN Indonesia. (2023). Honda Tanggapi Rangka eSAF Dijual Rp1 Jutaan. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230821172421-595-988641/honda-tanggapi-rangka-esaf-dijual-rp1-jutaan

CNN Indonesia. (2024). 78 Persen Motor Baru Terjual di Indonesia 2023 adalah Merek Honda. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20240327184707-595-1079768/78-persen-motor-baru-terjual-di-indonesia-2023-adalah-merek-honda

Constantinides, E. (2014). Foundations of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 40–57. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.016

Desrafi, Y. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Motor Merk Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau) [Skripsi]. Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Dyrelöv, F., & Melander, T. (2021). The Impact of Negative eWOM On Brand Loyalty A qualitative study in the context of social media [Tesis]. Umea University, Umea.

Fallahnda, B. (2023). Arti Rangka eSAF Honda dan Motor Apa Saja yang Menggunakannya? Diakses dari https://tirto.id/arti-rangka-esaf-honda-dan-motor-apa-saja-yang-menggunakannya-gPvP

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Herawati, Y. (2024). Penjualan Sepeda Motor Honda Turun. Diakses dari https://www.viva.co.id/otomotif/motor/1710557-penjualan-sepeda-motor-honda-turun?page=2

Hildawati, Sari, N., & Aulia, M. (2022). Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Sepeda Motor Merek Yamaha CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6444–6456.

Hoang-Son, D., & Thanh-Luan, N. (2023). What drives customer loyalty in social commerce sector? PLS-SEM approach. Munich Personal RePEc Archive.

Kamilah, L. N. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Pada Minat Beli Pelanggan di Situs Social Commerce Media Sosial Instagram [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kaur, Dr. K., & Kau, I. (2022). Global Value Chain. Ontario: Conestoga College.

Kim, H. L., & Hyun, S. S. (2019). The relationships among perceived value, intention to use hashtags, eWOM, and brand loyalty of air travelers. Sustainability, 11(22), 1–12. https://doi.org/10.3390/su11226523

Korlantas Polri. (2024). Jumlah Data Kendaraan Per Polda. Diakses dari http://rc.korlantas.polri.go.id:8900/eri2017/laprekappolda.php

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). London: Pearson Education Limited.

Liputan6.com. (2023). BPKN Sebut AHM Perlu Melakukan Recall Imbas Viral Sasis eSAF Mudah Patah. Diakses dari https://www.liputan6.com/otomotif/read/5377803/bpkn-sebut-ahm-perlu-melakukan-recall-imbas-viral-sasis-esaf-mudah-patah?page=2

Mgoduka, S., Heeralal, S., & Jembere, S. T. (2021). Assessing Consumers’ brand loyalty after a brand crisis: A case of Listeria in KwaZulu-Natal. The Retail and Marketing Review, 17(2), 52–65.

Ng, H., Li, T., & Yeung, M. (2020). A Pilot Study of the Hong Kong Smartphone Market: How Service Quality Affects Repurchase Intention Via Customer Satisfaction and Attitudinal Loyalty. International Journal of Business and Management, 8(2), 93–109. https://doi.org/10.20472/bm.2020.8.2.006

Ningrum, A. S., Mariska, B. P., & Prehanto, A. (2023). The Effect of Electronic Word of Mouth (e-WoM) and Halal Labels on Purchase Decisions of Mixue Products. Indonesian Journal of Digital Business, 3(2), 13-18.

Noviyani. (2023). Pengaruh Negative Electronic Word of Mouth (N-EWOM) terhadap Citra Merek yang berdampak pada Niat Pembelian Ulang oleh Followers Twitter Indihome [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing, 63(4), 33–44.

Pitoko. (2023). Rangka Motor Honda Patah, Kemendag Minta Klarifikasi AHM. Diakses dari https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/ridwan-aji-pitoko-1/viral-rangka-motor-honda-patah-kemendag-minta-klarifikasi-ahm?page=all

Principles of Marketing. (2015). Minneapolis: University of Minnesota.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: WADE GROUP.

Ramadhani, R. A., Maharani, M. D., Dewita, N. A. P., Nanholy, S. A. R., & Maesaroh, S. S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi SPSS Dalam Analisis Pengaruh Biaya Pemasaran dan Gaji Pada Pendapatan Perusahaan Telekomunikasi. JIKA (Jurnal Informatika), 7(3), 271-280.

Roozen, I., & Raedts, M. (2020). The power of negative publicity on the fast fashion industry. Journal of Global Fashion Marketing, 11(4), 380–396. https://doi.org/10.1080/20932685.2020.1798802

Rundle-Thiele, S. (2005). Elaborating customer loyalty: Exploring loyalty to wine retailers. Journal of Retailing and Consumer Services, 12(5), 333–344. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2004.11.002

Saini, S., & Singh, J. (2020). A Link Between Attitudinal and Behavioral Loyalty of Service Customers. Business Perspectives and Research, 8(2), 205–215. https://doi.org/10.1177/2278533719887452

Schindler, R. M. (2001). Internet Forums As Influential Sources Of Consumer Information. Journal of Interactive Marketing, 15(3), 31–40. www.forumone.com

Skpwronski, J. J., Carlston, D. E., & Skowronski, J. (1989). Negativity and Extremity Biases in Impression Formation: A Review of Explanations Expectancy-Contrast Theories. Psychological Bulletin, 105(1), 131–142.

Statista. (2023). Leading modes of transportation among people in Indonesia in 2023. Diakses dari https://www.statista.com/statistics/1339768/indonesia-most-used-modes-of-transportation/

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Suhartini, A. (2020). Pengaruh Trust, Commitment, Satisfaction Terhadap Behavioral Loyalty Peserta BPJS Kesehatan Indonesia Kepesertaan Mandiri Dengan Attitudinal Loyalty Sebagai Variable Intervening [Skripsi]. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Bandar Lampung.

Tham, J., Ferdous Azam, S. M., Khatibi, A., & Kumar Tarofder, A. (2020). Quality of Service, Product Quality and Customer Satisfaction in the Malaysian Retail Industry for Customer Loyalty: An Empirical Study. Psychology Education, 57(9), 2603–2612. www.psychologyandeducation.net

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (12th ed.). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Verhagen, T., Nauta, A., & Felberg, F. (2013). Negative online word-of-mouth: Behavioral indicator or emotional release? Computers in Human Behavior, 29(4), 1430–1440. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.01.043

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM). E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p10

Yu, M., Liu, F., & Lee, J. A. (2019). Consumers’ responses to negative publicity: the influence of culture on information search and negative word-of-mouth. Journal of Brand Management, 26(2), 141–156. https://doi.org/10.1057/s41262-018-0123-3

Yuneri, N. A., & Nurlinda, R. (2020). Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI di Kota Tangerang. JCA Ekonomi, 1(2), 436–443.

Yunus, W. O. Y., & Astutik, S. P. (2022). Pengaruh Berita Kecelakaan Pesawat Terhadap Loyalitas Penumpang Lion Air di Bandar Udara Huoleo Kendari. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 663–671.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i2.7161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics