ASPEK YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG DIGITAL DI KOTA MAKASSAR

Dirwan Dirwan, Fitriani Latief

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji promosi, kemudahan, manfaat, keamanan dan fitur layanan berpengaruh terhadap minat penggunaan uang digital di Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan saintific. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna dompet digital dengan alat pembayaran gopay di Kota Makassar. Sampel adalah 100 orang dengan teknik sampel yaitu accidental sampling. Analisis statistic regresi linier berganda dengan bantuan SPSS digunakan untuk mengolah data penelitian.
Hasil penelitian ini menemukan : kemudahan, manfaat, keamanan dan fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan uang digital di Kota Makassar.
Kata Kunci: kemudahan, manfaat, keamanan, fitur layanan, minat penggunaan uang digital di Kota Makassar.
Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).
Agustina H. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen KINERJA, 3(1), 24-29.
Aksami, N. D., & Jember, I. (2019). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money Pada Masyarakat Kota Denpasar. E-Jurnal EP UNUD, 8(10).
Ambarwati, D. (2019, Juli). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan Terhadap Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa STIE-AUB Surabaya. Kelola:Jurnal Bisnis & Ekonomi, 6(1).
Atriani, A., Permandi, L. A., & Rimestuti, B. H. (2020, Juni). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 6(1), 54-61.
Chinomora, R., Okoumba, L., & Pooe, D. (2013). The Impact Of Product Quality On Perceived Value, Trust and Student's Intention to Purchase Electronic Gadgets. Mediterranean Journal Of Social Sciences, 4(4), 463-472.
Fatonah, F., & Hendratmoko, C. (2020). Menguji Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Millenial Menggunakan e-Money. Jurnal Manajemen-FEB Unmul, 12(2).
Hair et.al. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.
Jogiyanto, H. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (salah kaprah dan pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.
Kartika, A. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Pengguna Go-Pay di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2).
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1).
Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Konsumen Sistem Pembayaran Gopay Pada Layanan Gojek. Bongaya Journal Research Management, 2(2).
Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018, Juli). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekobis, 19(2), 203-213.
Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay di Surabaya dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Akuntabel Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 17(2).
Priskia, & Sitinjak, T. (2019, November). Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Memakai Ulang Layanan Gopay di Wilayah Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(1), 13-33.
Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Pada PT. Samudranesia Tour And Travel Pekanbaru). JOM Fisip, 4(1).
Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, & Vidyasari, R. (2019). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126-134.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1).
Susanto, O. E., Natalia, M., & Siaputra, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Budget di Kawasan Surabaya Pusat. Jurnal Hospitality dan Management Jasa, 4(2).
Utami, U., Seti, S., & Kusumawati, B. (2017, Juli). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Balance, 14(2).
Wardhani, N. I., Izaak, W. C., & Hardiyani, L. (2020). Analisis Tingkat Persepsi Konsumen Pada Minat Penggunaan Kartu e-Money. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2).
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).

Agustina H. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen KINERJA, 3(1), 24-29.

Aksami, N. D., & Jember, I. (2019). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money Pada Masyarakat Kota Denpasar. E-Jurnal EP UNUD, 8(10).

Ambarwati, D. (2019, Juli). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan Terhadap Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa STIE-AUB Surabaya. Kelola:Jurnal Bisnis & Ekonomi, 6(1).

Atriani, A., Permandi, L. A., & Rimestuti, B. H. (2020, Juni). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 6(1), 54-61.

Chinomora, R., Okoumba, L., & Pooe, D. (2013). The Impact Of Product Quality On Perceived Value, Trust and Student's Intention to Purchase Electronic Gadgets. Mediterranean Journal Of Social Sciences, 4(4), 463-472.

Fatonah, F., & Hendratmoko, C. (2020). Menguji Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Millenial Menggunakan e-Money. Jurnal Manajemen-FEB Unmul, 12(2).

Hair et.al. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.

Jogiyanto, H. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (salah kaprah dan pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.

Kartika, A. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Pengguna Go-Pay di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2).

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1).

Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Konsumen Sistem Pembayaran Gopay Pada Layanan Gojek. Bongaya Journal Research Management, 2(2).

Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018, Juli). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekobis, 19(2), 203-213.

Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay di Surabaya dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Akuntabel Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 17(2).

Priskia, & Sitinjak, T. (2019, November). Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Memakai Ulang Layanan Gopay di Wilayah Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(1), 13-33.

Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Pada PT. Samudranesia Tour And Travel Pekanbaru). JOM Fisip, 4(1).

Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, & Vidyasari, R. (2019). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126-134.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1).

Susanto, O. E., Natalia, M., & Siaputra, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Budget di Kawasan Surabaya Pusat. Jurnal Hospitality dan Management Jasa, 4(2).

Utami, U., Seti, S., & Kusumawati, B. (2017, Juli). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Balance, 14(2).

Wardhani, N. I., Izaak, W. C., & Hardiyani, L. (2020). Analisis Tingkat Persepsi Konsumen Pada Minat Penggunaan Kartu e-Money. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2).

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics