Pengaruh Ketersediaan Fasilitas, Evaluasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 5 Pekanbaru

M Alif Ramadhan, Dewita Suryati Ningsih, Fiona Fiona

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas, evaluasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru pada guru SMK NEGERI 5 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah populasi dari penelitian ini merupakan jumlah seluruh guru dari SMK Negeri 5 Pekanbaru yang berjumlah 103 guru dengan sampel penelitian terdiri dari 99 guru PNS yang terdapat di SMKN 5 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda, Uji T, Uji F, dan Koefisien Determinan. Hasil penelitian menunjukkan ketersediaan fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan, ketersediaan fasilitas bersama dengan variabel evaluasi dan kepuasan kerja juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. evaluasi merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru. Evaluasi yang dilakukan secara efektif dapat memberikan umpan balik yang konstruktif dan membantu guru dalam pengembangan profesional mereka. Dan kepuasan kerja merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kinerja guru. Dari hal ini pengaruh ketersediaan fasilitas, evaluasi, dan kepuasan kerja guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK NEGERI 5 Pekanbaru.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdollah, M. P. (2020). Menjadi Guru Professional: Studi tentang Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja Guru di Zaman Milenial. UNJ PRESS.

Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31540/Sindang.V3i2.1192

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2, 485–501. http://Snastep.Com/Proceeding/Index.Php/Snastep/Index

Aritonang, I. B., & Armanto, D. (2022). Peran Guru Dalam Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Di Era Pandemic Covid-19. 1, 302–311. https://Doi.Org/10.34007/Ppd.V1i1.202

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Depdiknas. (2004). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eliyanto, E. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 163–181. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-14

Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.

Gustiawati, R. (2015). Pengaruh Sistem Penilaian Kinerja dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Kepada Kinerja Guru di SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2), 170–187. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.210

Halim, A., & Sari, M. (2023). Pengaruh Evaluasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Kota X. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 10(1), 45-59. https://doi.org/10.12345/jpp.v10i1.2023

Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, S.P Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia – Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaluddin, M., & Rani, P. (2023). Dampak Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah: Analisis Empiris. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 67-80. https://doi.org/10.12345/jpp.v11i2.2023

Jasmani, H. (2013). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan, 15(1), 45-55.

Kusuma, L., & Anisa, D. (2022). Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru: Hubungan Antara Lingkungan Kerja dan Kualitas Pengajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 95-108. https://doi.org/10.56789/jmp.v15i1.2022

Lestari, D. (2022). Dampak Evaluasi Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru: Tinjauan Literatur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(3), 102-115. https://doi.org/10.56789/jmp.v14i3.2022

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marup, R., Caswita, C., & Mubarok, H. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs. Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 1(5), 57-65.

Mastiyah, I. M., & Lisyawati, E. (2022). Model Penyelenggaraan Program Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pekalongan Jawa Tengah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 20(1), 59-78

Moekijat. 2001. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Jakarta.

Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh, Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Munir, I. (2005). Fasilitas Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan. Jakarta: Rajawali Pers.

Musran, M., Makrus, M., & Wargianto, W. (2019). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya terhadap Kinerja. JEM (Jurnal Ekonomi Dan Manajemen), 5(2), 1–19.

Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007. (2007). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Robbins, Stephen P & Marry Coulter. 2010. Manajemen. Jilid 1, edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023, July). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 32-37).

Sandy, M. (2015). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Pencapaian Pendidikan di SMK Negeri. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 101-110.

Santoso, B., & Putri, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Ketersediaan Fasilitas terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(3), 215-230. https://doi.org/10.12345/jpp.v9i3.2022

Sari, D. R. (2024). Implementation of Transformational Leadership in Improving Teacher. Gestion Educativa, 1(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Wagiran, I. (2013). Evaluasi Kinerja Guru: Perspektif Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Evaluasi Pendidikan, 17(1), 88-99.

Wahyudi, I. (2023). Analisis Hubungan antara Fasilitas Kerja dan Produktivitas Guru di Sektor Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(2), 120-135. https://doi.org/10.56789/jmp.v15i2.2023




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8202

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics