Peran Kualitas Produk, Brand Image Dan Brand Trust Dalam Membentuk Keputusan Pembelian Mie Sedaap (Masyarakat Kota Probolinggo)

Rizqi Rahmawati, Adi Putra Darmawan, Mila Diana Sari, Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas

Sari


Studi ini akan membahas secara menyeluruh peran kualitas produk sebagai variabel X1 kemudian peneliti menambahkan variabel citra merek sebagai variabel X2, dan kepercayaan merek sebagai X3 dalam memberikan dampak langsung bagi konsumen ketika akan menentukan keputusan pembelian mie sedaap (studi kasus pada masyarakat Kota Probolinggo).
Pendekatan penelitian difokuskan pada kausalitas agar peneliti dapat mengidentifikasi faktor yang secara langsung memengaruhi variabel Y berdasarkan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk pengumpulan sampel digunakan purposive sampling, dengan total responden 100 dimana jumlah ini merupakan konsumen identic pernah membeli mie instan sedaap.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menguji validitas, reliabilitas, classic asumtion, regresi linear berganda, serta uji hipotesis. Dari uji spss didapatkan variabel kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mi instan merek Mie Sedaap.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan Dan Pencapaian Brand Trust (T. Q. Media, Ed.). CV. Qiara Media.

Amalina, F. N., Apriliani, M. P., Putri, T. N., Masruroh, U., & Anwar, R. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju “Klambiku.Kids” di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 75–85. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1046

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Asmi, M. I., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Trust, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(1), 86–93. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3688

Elmas, M. S. H., Hermawan, D. J., Mita, S., Fatinah, I., & Ababiel, W. A. (2023). Building Interest in Buying Communities with Product Quality, Price, and Reference Groups. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 64–76. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2104

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan.

Junaidi, Elmas, M. S. H., Dofir, M., & Nabila, J. (2024). Influence of Product Innovation and Brand Image on the Purchase Decision on CV Cipta Graha Probolinggo. Formosa Journal of Applied Sciences, 3(4), 2181–2194. https://doi.org/10.55927/fjas.v3i4.8733

Lestari, D. F., & Azizah, J. N. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(5), 44–55. https://doi.org/10.7454/jabt.v6i1.1094

Lestari, M., & Wismantoro, Y. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota Semarang. Jurnal Maneksi, 13(1), 233–241.

Martini, A. N., Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44–53.

Ma’ruf, N., Alfalisyado, Purwidianti, W., & Randikaparsa, I. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Citra Merek Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1314–1330.

Meliantari, D. (2023). PRODUK DAN MEREK (suatu pengantar). In Eureka Media Aksara.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.

Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., Susilowati, H., Bambang, Trenggana, A. F. M., Zulfikar, R., Handayani, T., Kusuma, G. P. E., Triwardhani, D., Rini, N. K., Pertiwi, W. N. B., & Roslan, A. H. (2021). Brand Marketing. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Rahajeng, Y., Nurkinasih, I. F., & Elmas, M. S. H. (2024). The influence of brand ambassadors and brand trust on purchasing decisions for Wardah products. Digital Business: Future Business Trends, 15(1), 92–96.

Ramdan, A. M., Siwiyanti, L., Komariah, K., & Saribanon, E. (2023). Manajemen Pemasaran. CV. Haura Utama.

Rianto, J. (2022). Semua Tentang Merek. Nas Media Pustaka.

Saputro, R. Y. B., & Lusia, A. (2023). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Trust Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Paket Data Tri Di Solo Raya. Indonesian Journal of Strategic Management, 6(2), 71–82. https://doi.org/10.25134/ijsm.v6i2.7900

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online : Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.

Sigar, D., Soepeno, D., & Tampenawas, J. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA, 9(4), 841–850.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustakabasrupress.

Sujarweni, V. W. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS.

Wandasari, N. K. R. D., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Instan Merek Sedaap di Kota Denpasar. Values, 1(3), 73–85.

Wardhana, A. (2024). Brand Management In The Digital Era (M. Wardana, Ed.). Eureka Media Aksara.

Wilujeng, S. R., & Edwar, M. (2024). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Journal of Student Research.

Wulandari, A., & Mulyanto, H. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen (F. Rezeki, Ed.). PT Kimshafi Alung Cipta.

Yunaji, A. P., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Pop Mie di Rungkut, Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5070–5085.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8282

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics