Pengaruh Perceived Quality, Customer Experience dan Customer Satisfaction Terhadap Loyalitas Pelanggan This Is April di Semarang

Vinata dyan puspita, amron amron, maria safitri, elia resha fatmawati

Sari


Industri fesyen Indonesia berkembang seiring perubahan perilaku konsumen yang semakin progresif. Minat yang meningkat membuka peluang bisnis, namun juga memperkuat persaingan. Maka, perlu dilakukan strategi agar loyalitas pelanggan tetap tinggi. Riset ini bertujuan guna menganalisis dampak Perceived Quality, Customer Experience serta Customer Satisfaction pada Loyalitas Pelanggan This Is April di Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data dari kuesioner dengan jumlah sampel 101 responden, yakni pelanggan This Is April Semarang. Analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26 melalui metode analisis regresi linear berganda. Hasil riset mengungkapkan yakni Perceived Quality serta Customer Experience berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan This Is April, sedangkan Customer Satisfaction tidak berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan This Is April. Temuan ini menunjukkan pentingnya Perceived Quality dan Customer Experience dalam membangun loyalitas, sementara Customer Satisfaction bukan menjadi penentu utama.

Kata Kunci:
Perceived Quality, Customer Experience, Customer Satisfaction, Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aprilianto, E. Y., & Amron, A. (2022). Pengaruh gaya hidup, fitur, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung. VALUE: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(3), 298–308.

Aprillia, A., & Vidyanata, D. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value of Cost terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Fresh.Co. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1), 49–68. https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i1.17758

Ar Royan, H. M., & Setyawan, A. A. (2023). Enrichment: Journal of Management The influence of customer satisfaction and service quality on customer loyalty at moh yamin’s wedangan. Enrichment: Journal of Management, 13(5).

Cahyaningrum, D., Miftanudin, A., Souisa, J., Ekawati, Y., & Badruddin, B. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan, Terhadap Loyalitas Pelanggan (Study Pada Toko Pakaian Sinar Mulyo). JAMEK (JURNAL AKUTANSI MANAJEMEN EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN), 4(2), 64–73.

Capriati, Z. F. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Di Koperasi Visiana Bakti Tvri Jakarta. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(1), 170–177. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i1.631

Dari, A. W., & Saputra, S. (2022). Pengaruh Pengelolaan Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management), Nilai Yang Dirasakan (Perceived Value), Kualitas Yang Dirasakan (Perceived Quality), Dan Kepuasan (Satisfaction) Terhadap Loyalitas Nasabah Perbankan Di Kota Batam. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1186–1202. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44000

Dianto, A., Adam, W., & Febriansyah, F. (2024). Analisis Pengaruh Brand Equity , Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Bana Swalayan Di Kabupaten Pasaman Barat. 6(2), 601–609.

Elvi, E. rahmi, & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Relationship Marketing, Perceived Quality dan Servicescape Terhadap Loyalitas Pelanggan De’ Kampung Cafe. ECo-Buss, 5(3), 946–959. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.632

Firdaus, A., Rosnani, T., Listiana, E., Setiawan, H., & Fitriana, A. (2024). Customer experience and brand image on loyalty through customer satisfaction of Erigo consumers. Journal of Management Science (JMAS), 7(1), 241–249.

Fitri, B., Agari, K., Didiek, V., Aryanto, W., Fitroh, I., Putra, S., & Panjaitan, R. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Persepsi Harga dan Promosi Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi oleh Minat Beli Konsumen Coffee Shop Anantari (Studi Kasus Pada Konsumen di Coffe Anantari). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 8640–8653. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Fitriana, S. H., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pengguna Jasa Grabfood Di Solo Raya. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4720

Gálvez-Ruiz, P., Calabuig, F., Grimaldi-Puyana, M., González-Serrano, M. H., & García-Fernández, J. (2023). The effect of perceived quality and customer engagement on the loyalty of users of Spanish fitness centres. Academia Revista Latinoamericana de Administracion, 36(4), 445–462. https://doi.org/10.1108/ARLA-01-2023-0014

Hidayah, J. N. (2024). Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Quality tehadap Loyalitas Pelanggan POPIPOP Mie Kuah Pedas Cabang Yosodipuro Surakarta. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2871–2883. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1776

Janah, M., Haryanti, I., Ernawati, S., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S., Wolter Monginsidi Komplek Tolobali, J., & Bima, K. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Di Foodbox Kota Bima. Journal of Management and Social Sciences, 2(3), 216–237. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i3.496

Lyna, L., & Prasetyo, S. I. (2021). Pengaruh Website Quality, Customer Experience, dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop Lazada di Kota Surakarta. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.133

Makna, S. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Simcard Tri. Jurnal Mirai Management, 8(1), 224–233.

Nielasari, A., Yohana, C., & Fidhyallah, N. F. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Restoran X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(3), 757–768.

Ningsih, A., & Hurnis, D. (2023). Pengaruh Customer Experience, Customer Expectation Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty D′ Besto Chicken & Burger. Jesya, 6(2), 2219–2229. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1240

Ramadani, N. Y., Salim, M. A., & Rahman, F. (2023). Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan CustomerTerhadap Loyalitas Pelanggan Fashion Pada Brand Hadeed.co(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 1385–1393.

Rohmatin, A., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2023). Pengaruh Brand Ttrust , Perceived Quality dan Affective Commitment Terhadap Loyalita Nasabah ( Studi pada Nasabah Bank Sulutgo Manado ). Jurnal EMBA, 11(3), 1210–1221.

Salim, M., & Rodhiah, R. (2021). The Effect of Perceived Quality, Customer Satisfaction, Corporate Image, Customer Experience on Customer Loyalty. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal), 2422–2432. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3844

Sean, D., & Amron, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek,Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk H&M. Jurnal Mirai Management, 7(3), 270–275. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.4589

Siska, S., Rahmawati, D. N., & Ilham, I. (2023). Pengaruh Customer Intimacy, Customer Experience, Customer Satisfaction, dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(1), 109–125. https://doi.org/10.53640/jemi.v23i1.1393

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91

Sukarno, H. F., Arifianti, R., & Hakim, R. M. A. (2024). MEDIASI PADA PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE. 474–500.

Sulyantri, S., Mustapita, A. F., & Wahyuningtiyas, N. (2023). Pengaruh Brand Awareness, Brand Images Dan Perceived Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswi Kota Malang yang melakukan Pembelian di Clodia Outfit). E Jurnal- Risat Manajemen, 12(01), 510–518.

Udayana, I. B. N., Cahya, A. D., & Kristiani, F. A. (2022). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada The Praja Coffee & Resto). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(1), 173–179.

Yani, M. I., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Edwin Jeans Indonesia Pada E-Commerce Shopee. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 443–472. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.285

Zhafira, T., Kinasih, D. D., & Hardilawati, W. L. (2023). Pengaruh Customer Engagement Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Esl. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 347–356.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8745

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics