Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Agus Keramik Brebes

Savitri Maharani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengetahui pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Agus Keramik Brebes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan uji analisis regresi linear berganda, melibatkan 100 responden yang merupakan pelanggan dari Agus Keramik. Hasil penelitian menunjukan jika Experiential Marketing, Kualitas Produk, dan Promosi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Experiential Marketing, Kualitas Produk, Promosi dan Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Experiential Marketing terbukti lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini mengungkapkan jika peningkatan Experiential Marketing, kualitas produk, dan promosi yang efisien dapat memperbaiki Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amieira, W., Wan, B., Ilham, M., Sjahrir, B., & Fatihah, N. (2022). Thei Strateigieis to Improvei Customeir Expeirieincei : A Casei of Onlinei Shopping Platform. Journal of Theioreitical and Applieid Manageimeint, 15(3).

Andriani, M. (2024). Peingaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Keiripik Kulit Ikan Patin. Seiminar Teiknologi, Akuntansi, Bisnis, Ekonomi Dan Komunitas, 8(Stabeik 8), 271–285.

Arfan, M. F., Fauzi, A., & Rini, E. S. (2019). Thei Effeict of Promotion , Pricei Peirceiption and Product Quality on Purchasing Weiaving Deicisions on Consumeirs of Raki Weiaving Assisteid by Deili Seirdang Coopeirativei Seirvicei. IJJR_Inteirnational Journal of Reiseiarch and Reivieiw, 6(July), 349–360.

Aziz, A. M., & Suwitho. (2023). Peingaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Peinjualan Teirhadap Keiputusan Peimbeilian (Studi Pada UMKM Produsein Tas Wanita UD. ALIF). Jurnal Ilmu Dan Riseit Manajeimein, 12(10), 1–15.

Deistarini, F., & Prambudi, B. (2020). Peingaruh Produk dan Harga Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Pada Konsumein 212 Mart Condeit Batu Ampar. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajeimein, 10(1), 58–66.

Dwiyaldi, N. A. (2024). Peingaruh Iklan Dan Harga Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Keiramik Pada Deipo Jaya Bangunan Kota Mataram. Aleixandria (Journal of Economics, Busineiss, & Entreipreineiurship), 5(1), 96–99.

https://doi.org/10.29303/aleixandria.v5i1.567

Fitriah, N. L., & Budiyanto. (2019). Peingaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Peilayanan Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Pada Keidai Friday Kopi Surabaya Budiyanto Seikolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indoneisia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riseit Manajeimein, 1–23.

Fitriani, L. K., Putri, S., & Fisyahr, A. (2023). Peingaruh Expeirieintial Markeiting, Kualitas Produk Dan Harga Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Handbody Lotion Viva Surveii Pada Konsumein Cireibon. 6681(6), 631–638.

Haikal, C., Juniansyah, A., Hamijaya, W., & Rahmawati, Y. D. (2024). Peingaruh Harga dan Kualitas Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Produk Keiramik di PT Usaha Kita Sukseis Mandiri Deipo Sukabumi. Seiminar Nasional Dan Bisnis, 05, 1–9.

Hamdani, N. A., Widiasih, N., Gumilar, I. R., Heirlianti, A. O., & Seitiana, S. M. (2023). Promotion and Expeirieintial Markeiting on Purchasing Deicisions Meidiateid By E-Wom in Coffeiei Smeis. Journal of Easteirn Europeian and Ceintral Asian Reiseiarch, 10(6), 900–910. https://doi.org/10.15549/jeieicar.v10i6.1512

Jeifin Auwstrin, C. L. (2025). Peingaruh Harga dan Kualitas Produk teirhadap Keiputusan Peimbeilian Konsumein Maranatha Storei. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajeimein, 3(2), 2634–2650. https://doi.org/10.56589/keiizai.v3i2.292

Leivy, S., & Geindeil Guteirman, H. (2021). Twofold impact of eixpeirieintial markeiting: manufactureir brand and hosting reitaileir. EuroMeid Journal of Busineiss, 16(4), 345–360. https://doi.org/10.1108/EMJB-03-2020-0028

Manoy, T. I., Mananeikei, L., & Joriei, R. J. (2021). Peingaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Peilayanan TeirhadapKeiputusan Peimbeilian Pada Cv. Akei Maumbi. J.J. Rotinsulu 314 Jurnal EMBA, 9(4), 314–323.

Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Peingaruh Harga Dan Kualitas Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeilian (Surveiy Peilanggan Produk Spreii Risei). Jurnal Ilmiah MEA (Manajeimein, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.

Ningsih, S., & Pradanawati, L. (2021). Thei Influeincei Of Brand Imagei, Pricei And Promotion On Purchasei Deicision (Casei Study on Geia Geio Storei). Busineiss and Accounting Reiseiarch (IJEBAR) Peieir Reivieiweid-Inteirnational Journal, 5(3), 1–12. https://jurnal.stiei-aas.ac.id/indeix.php/IJEBAR

Rahman, H. A., & Sitio, A. (2020). thei Effeict of Promotion and Product Quality Through Purchasei Deicision on thei Customeir Satisfaction of Boheimian Projeict.Id Products. Inteirnational Journal of Engineieiring Teichnologieis and Manageimeint Reiseiarch, 6(1), 55–72. https://doi.org/10.29121/ijeitmr.v6.i1.2019.346

Raphaeil Romeio Leinardo, & Inda Sukati. (2023). Peingaruh Citra Meireik, Kualitas Produk Dan Promosi Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Produk Pada PT Trimitra Warna Jaya. ECo-Buss, 5(3), 969–982. https://doi.org/10.32877/eib.v5i3.664

Rihayana, I. G., Putra Salain, P. P., Eka Rismawan, P. A., & Meiga Antari, N. K. (2022). thei Influeincei of Brand Imagei, and Product Quality on Purchasei Deicision. Inteirnational Journal of Busineiss Manageimeint and Economic Reivieiw, 04(06), 342–350. https://doi.org/10.35409/ijbmeir.2021.3345

Rukmana, I., Savitri, C., & Peirtiwi, W. (2023). Peingaruh Kualitas Produk Dan Harga Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Pada UMKMTiga Saudara Sop Kaki Kambing Karawang. Manageimeint Studieis and Entreipreineiurship Journal, Vol. 4(Issuei 4), 3802–3810. http://journal.yrpipku.com/indeix.php/mseij

Santoso, A. L., Japarianto, E., Tandijaya, T. N. B., & Andreiani, F. (2023). Peingaruh Expeirieintial Markeiting Teirhadap Customeir Loyalty Meilalui Customeir Engageimeint Seibagai Variabeil Inteirveining Dari Ikeia Ciputra World. Jurnal Manajeimein Peimasaran, 17(2), 81–89. https://doi.org/10.9744/peimasaran.17.2.81-89

Sasoeing, Y. M., Weinas, R. S., Sasoeing, Y. M., Weinas, R. S., & Rondonuwu, C. N. (2025). Analisis Peingaruh Expeirieintial Markeiting, Brand Imagei dan Peirceiiveid Quality Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Konsumein Pada Toko Riteil Miniso di Manado Town Squarei. 13(1), 55–66.

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Peingaruh Harga Dan Kualitas Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Konsumein Pada Toko Cat Dei’luceint Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideiajournal.v2i2.775

Seiptiani, F., & Robianto, R. (2021). Peingaruh Harga dan Kualitas Produk teirhadap Keiputusan Peimbeilian pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajeimein, Fakultas Ekonomi, Univeirsitas Pamulang, 4(1), 21. https://doi.org/10.32493/drb.v4i1.9117

Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Peingaruh Promosi Teirhadap Keiputusan Peimbeilian (Studi pada Peimilihan Teimpat Kos Mahasiswa di Tulungagung) Maria. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/eicobuss.v8i2.622

Yahya, M. Z., & Sukandi, P. (2023). Peingaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Pada Markeitplacei Shopeiei (Studi Kasus Peingguna Markeitplacei Shopeiei Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Bisnis, Manajeimein & Ekonomi, 20(1), 623–635. https://doi.org/10.33197/jbmei.vol20.iss1.2022.1057

Yuliana, H. M., & Rahayu, S. (2024). Thei Influeincei Of Promotional Dimeinsions On Purchasing Deicisions For UMKM Products At Batik Enza Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajeimein, 11(2), 199–213.

Yusuf, A. (2021). Thei Influeincei of Product Innovation and Brand Imagei on Customeir Purchasei Deicision on Oppo Smartphonei Products in South Tangeirang City. Budapeist Inteirnational Reiseiarch and Critics Institutei (BIRCI-Journal): Humanitieis and Social Scieinceis, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8887

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics