Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Dan Branding Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Ayam Nelongso Di Kecamatan Purwosari
Sari
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Sig. 0,018 t-tabel 1,984). Begitu juga, Branding turut memberikan dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Sig. 0,001 t-tabel 1,984). Selain itu, baik CSR maupun Branding secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Sig. F 0,001 F-tabel 3,09). Kontribusi gabungan dari kedua variabel ini terhadap loyalitas pelanggan mencapai 36% (R-squared = 0,360). Temuan ini menunjukkan bahwa komitmen sosial dan identitas merek yang kuat merupakan strategi penting bagi Ayam Nelongso dalam membangun dan menjaga loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Branding, Loyalitas Pelanggan, Ayam Nelongso
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Achmad Fauzi, & Manao, M. (2023). Faktor Kebijakan Kedisiplinan Sumber Daya Manusia, Corporate Social Responsibility “Csr”, Peningkatan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kesejahteraan Karyawan Pada Pt. Skm. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.740
Bing Bedjo Tanudjaja. (2006). Perkembangan Corporate Social Responsibility Di Indonesia. Nirmana, 8(2), 92–98. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/17049
Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal, 2(1), 42–47. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/74
Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Media Sosial Era digital dimulai dengan semakin pesatnya jaringan internet . Kondisi menyebabkan pergeseran budaya manusia dalam berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain . Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16(2), 113–136. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2865
Hermanto, A., & Aldawiyah, S. El. (2020). Branding Dan Positioning Identitas Budaya Indonesia Dalam Pesan Iklan TV Komersial Bejo Bintang Toedjoe Jahe Merah. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 24–40. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3958
Megayanti N, & Rohman A. (2009). Pengaruh Program CSR dan Citra Perusahaan PT.Telkom (jurnal baru). In Komunikasi (Vol. 3, Issue 2, pp. 163–172).
Munandar, A., Triyana, E., Amin, R., Putri, R. S. E., & Rosmina. (2021). Analisis Program CSR dalam Sustainability Report Berdasarkan GRI Standards. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 2727–2746. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1740
Palopo, K. (n.d.). 1 * 2 3.
Rachmawati, R. (2014). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79.
SAPUTRI, N. (2010). ANALISIS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMBENTUK PT Fast Food Indonesia di Kota Semarang. 102.
Tahuman, Z. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Serta. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 445–460.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8924
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.